medanToday.com,MEDAN – Hargai cabai merah di Pasar Tradisional Kota Medan mengalami kenaikan. Harga cabai merah yang biasa dijual seharga Rp 25 ribu hari ini naik menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Petisah Medan, Nur Cahaya mengungkapkan, kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak satu Minggu belakangan.

“Harga cabai naik kali sudah satu Minggu ini. Biasa saya jual Rp 23-25 per kilogram sekarang Rp 35 ribu,” katanya, Kamis (28/9/2017).

Kenaikan harga cabai merah lanjut Nur Cahaya disebabkan karenakan stok cabai sedang kosong, baik di petani maupun di pasar induk. “Kalau di gunung cabai belum panen, makanya stok kosong dan harganya pun melambung naik,” jelasnya.

Nur juga menuturkan, untuk menutupi kekosongan stok cabai merah tersebut, dirinya terpaksa mengambil stok dari Jakarta. “Untung ada stok cabai dari Jakarta. Walaupun berbeda dengan cabai gunung, tapi bisa menutupi kekosongan cabai tersebut,” tuturnya.

Kenaikan harga cabai merah juga diikuti dengan kenaikan harga cabai lainnya. Harga cabai hijau yang biasa dijual dikisaran Rp 12 ribu sekarang mengalami kenaikan menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Begitu juga harga cabai rawit yang biasanya dijual dikisaran Rp 20 ribu sekarang naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

“Akibat harga cabai naik, penjualan saya pun menurun karena pembeli harus mengurangi banyaknya cabai yang dibeli mereka,” ungkap Nur.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang mengalami penurunan harga. Dimana, harga bawang merah saat ini dijual dikisaran Rp 20 ribu dari harga sebelumnya Rp 25 ribu per kilogramnya dan bawang putih Rp 20 ribu dari harga sebelumnya Rp 24 ribu per kilogramnya.

“Harga bawang turun. Tapi harga tomat tetap Rp 10 ribu per kilogramnya dan harga kentang Rp 8 ribu per kilogramnya,” pungkas Nur.(mtd/min)

===================

Komentar Anda