Erupsi Gunung Sinabung di pagi hari, 02 November 2016. Foto : Facebook Satar Ginting Seragih

medanToday.com, KARO – Setelah Selasa (24/10/2017) kemarin Gunung Sinabung kembali erupsi dengan luncuran abu vulkanik sejauh 4.500 meter, hari ini kawasan sekitar Gunung Sinabung dilanda gempa tektonik.

Gempa bumi dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi, Karo, Sumut, Rabu (25/10).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan melansir gempa terjadi pada pukul 08.47:54 Wib. Kekuatan gempa 3,1 SR dan berpusat pada koordinat 3.01 LU dan 98.35 BT.

“Tepatnya di darat pada jarak 14 km arah tenggara Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada kedalaman 6 Km,” kata Edison Kurniawan, Kepala BMKG Wilayah I Medan.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi dengan skala intensitas gempa bumi I SIG-BMKG atau I-II Modified Mercalli Intensity (MMI).

Berdasarkan hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada zona sesar lokal di sekitar Kabupaten Karo.

“Karakteristik sinyal gempa bumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi,” jelas Edison.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Kabanjahe sekitarnya untuk tetap tenang serta selalu mengikuti arahan pemerintah melalui BPBD setempat dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG. “Jangan terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbau Edison. (mtd/bwo)

========================================================

Komentar Anda