Ilustrasi: (sumber:int)

medanToday.com,MEDAN – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir dengan tajuk “Bangkit dari Pandemi dengan Literasi Digital”.

Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa dan pelajar, dihadiri oleh sekitar 346 peserta daring. Hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Arie Maya Lestari, Master Mentor Sigap UMKM; Azizah Des Derivanti, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Nasional; Dr. Syafrida Hani, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU; dan Iryuha Tantawi, M.A., Kepala Sekolah Aliyah Mualimin Univa Medan.

Arie Maya Lestari memaparkan keterampilan digital adalah kemampuan untuk secara efektif dan kritis menavigasi, mengevaluasi dan membuat informasi dengan menggunakan berbagai teknologi digital.

Menurutnya manusia harus bisa belajar mengenai keterampilan yang mudah dan aman, salah satunya yaitu dengan menjadikan youtube untuk pendidikan.

“Kita harus bisa memulai untuk menjadikan diri lebih produktif, jangan takut untuk memulai menjadikan diri menjadi lebih produktif,” katanya.

Azizah Des Derivanti menjelaskan sosialisasi dan pengenalan mengenai penggunaan media sosial yang baik perlu diberitahukan kepada anak-anak sejak dini. Lalu, kita juga harus mengajarkan kepada anak tentang internet safety supaya mereka bisa tetap aman dan nyaman dalam berselancar di media digital.

Syafrida Hani mengatakan di era pandemi ini kita harus bisa menjadi masyarakat digital yang pintar, caranya yaitu dengan memproteksi diri & keluarga dari konten negatif, tebar informasi kebaikan, menggunakan media sosial dengan bijak dan cek informasi yang diterima untuk menghindari diri dari berita hoaks.

Iryuha Tantawi menuturkan membangun masyarakat digital yang berbudaya Indonesia bisa dilakukan dengan cara saling menolong, toleransi, berbudi luhur dan multikultural.(*)

Komentar Anda