ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com,LANGKAT – Owner Deene Gallery, Niken Rizki Amalia mengatakan etika dalam menggunakan sosial media dan memanfaatkan era digital harus menjadi fokus kita bersama, dimulai dari diri kita sendiri lalu tularkan kepada orang lain.

“Etika dalam berdigital harus senantiasa bersama kita edukasikan kepada berbagai macam lapisan masyarakat pengguna internet. Hormati orang lain dalam menggunakan internet maka kamu akan dihormati di dunia nyata,” ujarnya saat menjadi pembisara pada Literasi Digital di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara bertema “Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital”.

Menurutnya cara mengelola sosial media dengan terjun langsung memantau dan menggunakan skill yang kita punya dan kesukaan yang kita punya dengan cara berkarya.
“Tidak apa berkarya secara berkala, dan jangan takut karyanya jelek karena tidak ada karya yang jelek jika sudah sesuai dengan etika digital,” ungkapnya.

Kepala seksi pengelolaan media Komunikasi Publik, Dhini Gilang Prasasti mengatakan pengertian keamanan di dunia digital: Keamanan digital atau cyber security merupakan aktivitas pengamanan terhadap sumber daya telematik. Secara khusus, keamanan digital berfungsi untuk melindungi informasi dari terjadinya tindakan cyber-crime atau cyber-attack.

Ketua prodi ilmu komputer FST UINSU, Ilka Zufria menjelaskan hard skill adalah teknik atau pengetahuan yang Anda pelajari di sekolah, kampus, kursus-kursus atau melalui pelatihan di tempat kerja. Dalam dunia IT hal ini misalnya kemampuan membuat program, menganalisis, mendesain, dan lainnya.

Ketua prodi Fisika FST UINSU, Muhammad Nuh menuturkan komunikasi di era digital memiliki berbagai aspek yang harus kita perhatikan peranannya. Komunikasi era digital berfokus pada berbagai macam jenis, bidang dan cara menggunakanya, oleh sebab itu pembelajaran komunikasi di internet atau era digital sangatlah berguna baik di dalam kenyamanan menggunakan internet ataupun beretika dalam menggunakan sosial media.

Joddy Caprinata selaku Key Opinion Leader menyampaikan manusia yang paling baik adalah manusia yang mampu beradaptasi di dunia yang selalu berkembang.

====================

Komentar Anda