Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah. (Ist)

medanToday.com, MEDAN – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah menyebutkan saat ini Provinsi Sumatera Utara sudah bebas dari zona merah Covid-19, meski penambahan pasien terkonfirmasi tetap masih ada.

“Per 18 Oktober 2020, dari 33 kabupaten/kota di Sumut, 31 daerah masuk kategori risiko sedang (oranye) dan dua lainnya berada di risiko rendah (kuning),” katanya di Medan seperti dilansir dari Antara, Jumat (23/10).

Kabupaten yang tercatat dengan risiko rendah yakni Nias dan Tapanuli Utara. Dari 31 daerah, Kota Medan yang sempat zona merah saat ini sudah menjadi zona oranye.

“Pemetaan zona risiko Covid-19 berdasarkan kabupaten/kota per 18 Oktober, Sumut tidak ada lagi zona merahnya,” ujar Aris.

Aris menjelaskan, pemetaan tersebut melalui penghitungan tiga indikator kesehatan masyarakat yakni epidemiologi (10 indikator), surveilans kesehatan masyarakat (dua indikator) dan pelayanan kesehatan (dua indikator). Dia mengakui membaiknya kondisi di Sumut terlihat dari angka pasien sembuh yang terus mendekati angka terkonfirmasi Covid-19.

Hingga per 23 Oktober, jumlah pasien sembuh sudah mencapai 10.048, setelah ada penambahan 72 orang dalam satu hari. Di hari yang sama jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 12.388 orang. (mtd/min)

Komentar Anda