Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Brotoasmoro. (Ist)

medanToday.com, JAKARTA – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Brotoasmoro menyatakan, jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia per 6 November di bawah 60 ribu atau 12,7 persen dari total kasus.

Persentase ini jauh lebih rendah jika dibandingkan rata-rata kasus aktif dunia sekitar 25 persen dari total kasus. Sedangkan kasus sembuh di Indonesia hari ini mencapai 360.705 kasus atau sekitar 84 persen dari total akumulatif.

“Kasus sembuhnya bebih tinggi dari dunia yakni 71,3 persen. Ingat, ini bukan kerja satu atau dua orang. Tapi, kerja kita semua sebagai satu kesatuan bangsa,” kata Reisa saat memberi keterangan pers secara virtual, Jumat (6/11).

Reisa menekankan, puluhan ribu dokter serta tenaga medis tidak bisa berjuang tanpa adanya bantuan relawan, personel TNI, Polri dan aparat pemerintah daerah sampai di tingkat RT dan RW. Kerja bersama ini meningkatkan kinerja pelacakan kasus, pemeriksaan dan pengobatan atau 3T yaitu testing, tracing dan treatment.

Selain itu, lanjut Reisa, kontribusi masyarakat juga cukup besar membantu dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Hal ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Sekali lagi, ini adalah hasil kerja keras kita bersama. Kita menyakini, kalau bersama-sama pasti bisa,” tegasnya. (mtd/min)

Komentar Anda