Seorang wanita meminta berselfie kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti ketika hadir diacara rembug nelayan Sumatera Utara yang dilaksanakan di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdangbedagai Kamis, (14/12/2017). (Tribun Medan/Indra)

medanToday.com, SEIRAMPAH – Diam-diam Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti punya bakat untuk menjadi komika stand up comedy.

Dalam sambutannya di depan ribuan nelayan itu, ia selalu menyelipkan candaan pada acara rembug nelayan Sumatera Utara yang dilaksanakan di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdangbedagai Kamis, (14/12/2017).

Gurauan dan candaannya itu pun berhasil membuat banyak orang tertawa terbahak-bahak.

“Ketika saya berkunjung ke Pantai Selatan Jawa ternyata di sana itu nelayannya libur hari Jumat. Bukan biar kita menghadap ke Tuhan saja ternyata. Ya ini gunanya juga biar ikan pacaran dulu. Kasihlah sebulan 4 kali mereka senang-senang, biar jangan pergi juga ikannya,” ucap Susi dan langsung disambut gelak tawa banyak orang.

Tidak lupa Susi pun menyampaikan agar para nelayan juga dapat menjaga tanaman bakau yang ada di pinggiran laut. Bukan untuk ditebangi namun ditanam.

“Kepiting yang betina dan yang bertelur gak boleh diambili. Laut ini masa depan kita. Gak mungkin kepiting kepiting yang jantan dan jomblo-jomblo di laut sana bisa berkembang kalau yang betinanya diambil,” kata Susi lagi.

Ia juga menegaskan laut tidak boleh untuk dikapling-kapling. Penegak hukum juga harus dapat melakukan pengawasan dengan baik.

Tidak boleh ada pukat trawl yang beroperasi dengan merusak laut. Menurutnya persoalan ini harus benar-benar jadi perhatian.

“Atau ada aparat (yang bekingi pukat trawl)?. Kalau ada laporkan sama saya. Nomor handpone saya 0811211365,”ujar Susi.

Saat itu riuh nelayan pun terdengar, mereka meminta agar Susi dapat menyebutkan nomor ponselnya kembali.

“Ulang buk.. ulang sekali lagi,” teriak para nelayan.

Mendengar banyaknya permintaan Susi pun sempat bercanda.

“Katanya banyak makan ikan, Kok bodoh? Catat ya 0811211365,” kata Susi.

Menurutnya jika terjadi banyak penyimpangan di lapangan ia siap untuk meneruskan laporannya ke Dantamal dan Kapolda.

Acara yang dihadiri oleh Susi Pudjiastuti ini dihadiri oleh Gubernur Sumater Utara, T Erry Nuradi dan Bupati Serdangbedagai, Soekirman. Ada ribuan nelayan dari 7 Kabupaten Kota yang hadir di acara ini.(mtd/min)

========================================================

Komentar Anda