medanToday.com, MEDAN – Rabu (6/9) lalu warga Sumut dikejutkan dengan pernyataan mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin yang siap duduk di kursi wakil mendampingi Effendi Muara Sakti Simbolon maju untuk Sumut 1.

Pernyataaan Datuk Syamsul Arifin bak gayung bersambut, langsung diapresiasi oleh Effendi Simbolon. Politisi PDI P ini mengungkapkan rasa syukurnya atas pernyataan Syamsul tersebut.

“Alhamdullilah, Puji Tuhan. Saya sangat menghargai dukungan dari beliau. Saya mengucapkan rasa syukur atas pernyataan tokoh Sumut yakni Datuk Syamsul Arifin yang bersedia mendampingi,” ujar Effendi dalam pernyataannya yang diterima, Jumat 8 September 2017.

Namun, menurutnya pencalonan wakil nantinya bukanlah semata-mata keputusan dari dirinya.

“Saya serahkan pada keinginan masyarakat Sumut dan Partai. Nanti Partai dan Ibu (Megawati) yang memutuskan,” ujar Anggota DPR RI Fraksi Partai PDIP ini.

Sebelumnya, Mantan Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin telah bertemu dengan Effendi MS Simbolon di Media Center Jakarta, Rabu 6 September 2017.

Dalam kesempatan itu, Syamsul Arifin menyatakan kesiapannya berpasangan sebagai orang nomer dua bersama Effendi Simbolon untuk berlaga di Pilgubsu 2018 mendatang.

Bahkan, Syamsul juga menyatakan siap menjadi tim sukses dan mengerahkan massa pendukung hingga ratusan ribu orang untuk mendukung Ketua Umum Punguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI) jika maju ke Pilgubsu.

“Massa riil saya ada lebih ratusan ribu. Ada bukti KTP-nya, mereka terus mendorong dan konsolidasi aktif. Status mantan narapidana korupsi itu kan bukan pada saat menjabat Gubernur Sumut tetapi waktu menjabat Bupati Langkat tahun 2008,” papar Syamsul Arifin.

Sementara itu, dari data rekapitulasi suara KPU pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) yang digelar 7 Maret 2013 lalu, Effendi Simbolon berhasil mendapat satu juta lebih suara.Pasangan GanTeng memperoleh suara sebesar 1.604.337 atau 33,00 persen.

Posisi kedua diduduki pasangan Effendi Simbolon-Jumiran Abdi yang memperoleh 1.027.183, atau 24,34 persen. Posisi ketiga pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman sebanyak 1.027.433 atau 21,13 persen.

Urutan keempat dan kelima, masing-masing diperoleh pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan sebesar 12,30 persen dan Chairuman Harahap-Fadly Nurzal sebanyak 9,30 persen.

Apakah pada Pilkada nanti kekuatan Effendi Simbolon akan bertambah ketika berpasangan dengan Datuk Syamsul Arifin?

(MTD/BWO)

========================================================

 

Komentar Anda