Komunitas Tanah Karo Hebat menggelar Tour de Sinabung 4 pada hari Minggu, 1 Oktober 2017.(MTD/bwo)

medanToday.com, KABANJAHE – Untuk peningkatan potensi pariwisata Danau Toba, Komunitas Tanah Karo Hebat menggelar Tour de Sinabung 4 pada hari Minggu, (1/10/2017).

Kegiatan yang digelar tepat dihari Kesaktian Pancasila ini diikuti oleh lebih kurang 500 orang peserta yang berasal dari berasal dari komunitas pecinta jelajah sepeda gunung dan onthel nasional dan internasional.

Pembukaan Tour de Sinabung ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Tanah Karo Bapak Terkelin Brahmana, Dandim 02/05 TK Letkol Bapak Agustatius Sitepu, Ketua LSM Tanah Karo Hebat Ibu Hanna Bangun, Kepala Dinas Pariwisata Bapak Mulia Barus,dan Jajaran SPPD Tanah Karo lainnya, Direktur Utama BOPDT Bapak Arie Prasetyo, dan tamu undangan lainnya.

Pelepasan ratusan peserta Tour de Sinabung 4 ini dilakukan di dua tempat berbeda yakni di Lapangan kantor DPRD Tanah Karo bagi peserta jelajah sepeda gunung dan di Desa Wisata Dokan bagi peserta jelajah sepeda onthel

“Rute yang dilewati para penjelajah sepeda adalah dari Kabanjahe dan finish di Si Piso Piso lebih kurang 40 km. Para peserta akan disuguhi pemandangan indah pedesaan, perbukitan dan Danau Toba melalui jalur yang mereka lewati,” jelas Kepala Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Ari Prasetyo, 1 Oktober 2017.

Ia pun sangat mengapresasi gelaran kegiatan sport tourism ini. Ia berharap, kedepan kegiatan-kegiatan serupa lebih sering dilakukan untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Karo.

“Apresiasi yang luar biasa terhadap pihak penyelenggara, karena event ini betul-betul merupakan kerja bersama komunitas sepeda dan telah dilaksanakan secara konsisten selama 4 tahun terakhir. Ke depannya kegiatan sport tourism ini harus dapat di brand secara internasional, mengundang lebih banyak lagi komunitas dan wisatawan internasional, menggunakan endorser yang terkenal, dan pengelolaan medianya pun harus lebih viral baik itu pre-event, on-event, dan post event,” ujar Arie Prasetyo.

Penutupan Tour de Sinabung 4 sendiri di laksanakan Minggu 1 Oktober 2017 bertempat di Lapangan Parkir Air Terjun Sipiso Piso yang merupakan salah satu destinasi wisata di Tanah karo. Air terjun Sipiso Piso adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian air jatuh 120 Meter.

Selain menggelar Tour de Sinabung 4, LSM Tanah Karo Hebat yang bekerjasama dengan Panitia Tour de Sinabung 4 dan BRI juga menggelar acara Malam Pentas Seni dan panen hadiah Simpedes BRI yang bekerjasama dengan Cabang BRI Kabanjahe. Untuk kegiatan Malam Pentas Seni dilaksanakan di Taman Mejuah Juah Berastagi pada Sabtu, 30 Sepember 2017 malam.

Malam Pentas Seni dimeriahkan oleh pemain biola yang merupakan putra daerah Karo yg sudah go internasional Romello Armando P, kemudian Grup musik yang tergabung dalam “SADAKATA ART”, VG SMAN 1BERASTAGI, VG SMA NEGERI KABANJAHE, FEBRI BR BARUS dan juga suguhan tari dari anak-anak pramuka Saka Wira Kartika, asuhan Dandim 02/05 TK Letkol Agustatius Sitepu yang juga putra dari Tanah Karo.(MTD/bwo)

==========================

Komentar Anda