Petugas saat melipat kertas suara Pilkada Kota Medan di gedung Andromeda eks Bandara Polonia, Medan, Selasa (17/11). (Dok: medanToday.com)

medanToday.com, MEDAN – KPU Kota Medan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan kepada petugas yang ditunjuk untuk melipat kertas suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan, Selasa (17/11).

Kepala Sub Bagian Umum KPU Medan Chairi mengatakan bahwa penerapan Prokes dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lokasi kegiatan di gedung Andromeda eks Bandara Polonia, Medan.

“Kalau dari regulasi tidak ada tes Swab. Hanya saja tahap pencegahan dilakukan Prokes 3M dan cek suhu tubuh,” katanya kepada medanToday.com di lokasi kegiatan.

Petugas yang dikerahkan berkisar 125 sampai 130 orang. 70 persen dari jumlah itu sudah pernah melakukan hal yang sama di 2018. Sisanya dipilih dari warga sekitar Kantor KPU Medan dan daerah Medan Polonia.

“Yang paling penting petugas itu tidak tergabung dengan partai politik atau tim pemenangan dari Paslon di Pilkada Medan. Mereka juga telah menandatangani surat pernyataan bahwa tidak terjaring dari salah satu Paslon,” jelasnya.

Untuk hari perdana ini, sambung Chairi, setiap satu petugas melipat satu kotak berisi 2.000 lembar kertas suara. Empat hari ke depannya, tiap orang melipat 4.000 lembar.

“Kegiatan melipat kertas suara ini akan berlangsung sampai 21 November 2020,” tutupnya.

Amatan medanToday.com di lokasi, tampak setiap orang yang memasuki ruangan kegiatan harus mengikuti pengecekan suhu tubuh. Lalu setiap petugas diarahkan tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir (menggunakan hand sanitizer) dan tetap menjaga jarak antara satu sama lainnya. (mtd/min)

Komentar Anda