medanToday.com,MEDAN – Setelah sukses menggelar event sepeda mengitari Sibolangit ke Salam Tani bertajuk KSGS Endure Race, dan bersepeda mengitari Sibiru-biru ke Sibolangit yang bertajuk Deli Serdang Internasional Challenge. Komunitas Sepeda Gunung Sumut (KSGS) yang merupakan komunitas pecinta sepeda terbesar di Sumatera Utara kembali menggelar event perlombaan bersepeda gunung (mountain race) bertajuk Toba Volcano Enduro Race di kawasan Danau Toba, Samosir.

Perhelatan besar yang ketiga ini akan berlangsung pada tanggal 10-11 Desember 2016. Dimana dalam perlombaan ini para perserta akan mengitari jalan off road sejauh 60 km,di daerah Desa Parhalo dan berakhir di Danau Sidohoni,Samosir. Dengan total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp.20 juta

Ketua KSGS, Andreas Paul Ginting menyebutkan, event ini ibaratnya membelah pulau samosir dengan melintasi hutan pinus di pebukitan Danau Toba.

“Ibaratnya akan membelah Pulau Samosir dengan melewati hutan pinus. Jalan ini bukan jalan mulus tapi off road, banyak tanjakan dan turunan yang kita lalui,” ucap Paul Ginting di Omerta Kopi,Kamis (01/12).

Ketua KSGS, Andreas Paul Ginting. (MTS/istimewa)
Ketua KSGS, Andreas Paul Ginting. (MTS/istimewa)

Paul menambahkan, untuk kegiatan Toba Volcano Enduro Race ini peserta diwajibkan menggunakan sepeda spesifikasi All Mountain (AM) atau Cross Country (XC).

Tambahnya lagi, hingga saat ini sudah 150 peserta yang akan ikut dalam ajang bersepeda ini, baik dari medan maupun luar Kota Medan.

“Saat ini sudah 150 orang yang mendaftar. Demi keselamatan peserta,tidak bisa menggunakan sepeda sembarangan. Ukuran ban harus 195 ke atas,” tambahnya.

Perlombaan ini dibagi dalam lima kategori berdasarkan rentang usia, yakni Man Elite dengan usia 17-30 tahun, Master A 31-39 tahun, Master B 40-49 tahun, Master C lebih dari 50 tahun, dan Woman Elite 17-60 tahun. Di setiap kategori akan dicari pemenang pertama hingga ketiga.

“Masing-masing kategori kita lihat siapa yang bisa finish tercepat. Juara pertama Rp 2 juta, kedua Rp 1.5 juta, dan ketiga Rp 500 ribu,” jelas Andreas.

Bersepeda di Perbukitan Danau Toba. Dok KSGS
Bersepeda di Perbukitan Danau Toba. Dok KSGS

Tak hanya mengikuti perlombaan, panitia juga membuka pendaftaran bagi para penghobi sepeda gunung yang ingin merasakan sensasi bersepeda di jalur membelah pulau samosir dengan melintasi hutan pinus di pebukitan Danau Toba.

“Kita juga membuka pendaftaran untuk kelas Funbike, bagi penghobi sepeda gunung yang ingin berliburan menikmati udara segar dan indahnya panorama Danau Toba dengan bermain sepeda di jalur yang sudah kita sediakan” Ucap Paul Ginting.

Tambah Paul lagi, tak hanya bersepeda, pada perhelatan ini, KSGS menggandeng Alfamart untuk berbagi donasi peralatan pendidikan kepada anak sekolah yang berada di sekitaran Danau Toba.

“Kita (panitia),peserta dengan menggandeng Alfamart juga akan melakukan aksi sosial dengan membagikan perlengkapan pendidikan kepada anak sekolah yang ada di sekitaran Danau Toba,Samosir” Ucapnya.

Ayoo,daftar dan rasakan sensasi bersepeda di jalur lintasan perbukitan Danau Toba bersama KSGS. Untuk informasi lengkapnya bisa langsung ke group media sosial resmi KSGS. Klik=> KOMUNITAS SEPEDA GUNUNG SUMUT 

=======

Komentar Anda