ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com,Tapanuli Tengah – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir dengan tajuk “Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah”.

Hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Nursatyo, Dosen Bidang Ilmu Komunikasi; Azizah Des Derivanti, Akademisi Ilmu Komunikasi, Suryo Adi Sahfutra, Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi dan Co-Founder Komunitas Kita Baca Sumut, dan Hendra Saputra, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Al-Washliyah Sibolga, Tapanuli Tengah.

Nursatyo, memaparkan etika yang baik dalam menggunakan internet dengan mematuhi hukum dan norma yang berlaku di dunia internet serta tidak melakukan hal yang merugikan pengguna internet lain.

Azizah Des Derivanti mengatakan pastikan untuk mengetahui apakah sistem website atau aplikasi yang digunakan memiliki kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker, update software secara berkala, gunakan password yang kuat, system security plan, backup data secara rutin.

“Pastikan layanan hosting dapat memberikan perlindungan, web application firewall, menggunakan antivirus,” jelasnya.

Suryo Adi Sahfutra memaparkan proses daring dominan dilakukan untuk bersenang-senang yang bersifat personal, tidak banyak untuk melakukan proses belajar. Jadi, ini semacam culture shock dalam perpindahan platform belajar.

Hendra Saputra memaparkan keterampilan digital untuk guru dan murid dalam menunjang pembelajaran mengharuskan tampil mengoptimalkan gawai yang dimiliki, pastikan gawai dapat menunjang PJJ, memiliki aplikasi compatible pada gawai, tampil menggunakan platform kelas online, tampil membuat media pembelajaran yang menarik, dan tampil mengelola metakognisi pembelajaran.(*)

================================

Komentar Anda