Jalan di Tigaras Kabupaten Simalungun putus total, Senin (27/11/2017). (Facebook)
medanToday.com, SIMALUNGUN – Longsor sepanjang 15 meter dengan kedalaman 6 meter terjadi di Nagori Tigaras, Dusun Saragih Ras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalugun, Sumatera Utara (Sumut), Senin (27/11). Akibat longsor tersebut, akses menuju pelabuhan Tigaras terputus. 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Simalungun Mudahalam Purba mengatakan, pihaknya telah melakukan penanganan awal untuk sementara. 
 
“Penanganannya diarahkan dengan cara penimbunan tanah dan pasir berbatu kerikil. Fungsinya agar kendaraan roda dua dan empat dapat dilalui kembali,” jelas Mudahalam, Senin (27/11).
 
Ia menegaskan, kendaraan bertonase tidak diperbolehkan untuk melintasi jalan tersebut. “Penimbunan tanah ini berfungsi agar masyarakat bisa beraktifitas kembali, apalagi jalan ini merupakan akses utama,” tutupnya.
Sementara itu Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, jalan harus segera diperbaiki karena jalan tersebut merupakan akses sentral paling penting.
Rumah rusak di Tigaras Kabupaten Simalungun, Senin (27/11/2017). (Facebook)
“Otomatis akses jalan harus segera dibenahi,” tegas JR Saragih. 
 
Menurutnya, perbaikan serta pembenahan harus segera dilakukan agar aktivitas masyarakat bisa kembali berjalan dengan normal. Pergerakan perekonomian juga bisa hidup kembali.
“Kita mengharapkan dalam dua sampai tiga hari ke depan kendaraan sudahh dapat melaluinya. Aktivitas masyarakat pun bisa berjalan dengan baik,” tandas Ketua DPD Partai Demokrat itu.(mtd/bwo)
========================================================
Komentar Anda