Ilustrasi. Ist

medanToday.com,ACEHSELATAN – Di masa pandemik saat ini, webinar atau seminar digital menjadi sangat popular. Untuk itu, para millennial Indonesia jangan sampai tidak memanfaatkannya. Karena sangat banyak pilihan webinar gratis yang bisa diikuti untuk menambah pengetahuan.

Menurut Penggerak Guru Mendunia, Sofyanto, M.Pd, webinar bermanfaat untuk menambah ilmu dan pengetahuan, untuk berbagi ide dan inspirasi, promosi produk, sosialisasi kebijakan, dan personal branding.

Hal ini diungkapkannya saat menjadi pembicara Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital dengan tema “Literasi Digital Sarana Meningkatkan Pengetahuan” di Aceh Selatan, 29 Juni lalu.

Dosen Universitas Islam Ar-Raniry Aceh, Dr. Hendra Syahputra, M.M mengatakan personal branding adalah apa yang orang lain katakan tentang kita saat kita tidak berada di ruangan itu.

“Kita semua memiliki sikap dan keyakinan tentang merek seperti kekuatan, original, konsisten, terlihat, dan terukur berdasarkan pengalaman kita,” ujarnya.

Sedangkan Dosen IPB dan Praktisi, Dr. Kaswanto, S.P, M.Si memaparkan ada enam basic digital yang harus dimiliki, yaitu digital foundation skills, communicating, handing information and content, transacting, being safe and legal online. Seluruh masyarakat harus memiliki kemampuan digital skills sebelum ke tujuan lainnya. Buka pikiran kita untuk menerima segala perubahan.

Penulis Buku, serta Penggiat Taman Bacaan, Resista Vikaliana menjelaskan tips untuk menghindari spamming, yaitu menggunakan password yang susah di-crack, gunakan teknik two-step authentication, melakukan scanning attachment dengan Antivirus, mematikan fitur keep signed in atau remember me.

Menurutnya, untuk memaksimalkan literasi digital sebagai sarana pengetahuan di pedalaman, maka harus bisa menggunakan aplikasi lain yang lebih bermutu dan sinkron. “Kita bisa menggunakan Google Classroom, Youtube agar sinkron,” jelasnya.(*)

================

Komentar Anda