Seminar Kebangsaan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017) di Gedung Joeang 45, Jalan Pemuda, Medan. (MTD/bwo)

medanToday.com, MEDAN – Dengan mengangkat tema “Pemuda Sebagai Garda Terdepan Menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika”, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara (Sumut) menggelar Seminar Kebangsaan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017) di Gedung Joeang 45, Jalan Pemuda, Medan.

Seminar ini dihadiri oleh seluruh DPD Garda Pemuda NasDem Se Sumut dan juga perwakilan organisasi kepemudaan di Kota Medan.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Seminar Kebangsaan Garda Pemdua NasDem Lismardi Hendra mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk kilas balik para pemuda yang merancang sumpah pemuda dengan segala keterbatasan.

Selain itu, juga menjaga semangat sumpah pemuda yang ada di dalam diri masing-masing dan menjaga Kebhinnekaan dari hal-hal yang memecah kestauan dan persatuan bangsa.

“Kita berharap, dari tempat dan forum ini dapat memberikan semangat baru bagi kaum muda untuk ke depannya menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,”ujar Hendra.

Mewakili Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Dharma Wijaya , Sekretaris DPW Defri Noval Pasaribu mengatakan untuk memperingati Sumoah Pemuda ke 89 ini, pihaknya memang sengaja untuk menggelar Seminar Kebangsaan.

Hal tersebut digelar sebagai upaya untuk mencegah paham-paham radikal yang saat ini tengah gencar menggoyang para generasi penerus bangsa. “Kita disini bukan untuk gagah-gagahan. Kita berkumpul disini berangkat dari kesadaran. Kebhinnekaan kita tengah digoyang, oleh paham dan eksistensi kelompok-kelompok tertentu,” jelas Defri.

“Sumpah Pemuda adalah tonggak awal perjuangan pemuda. Jika tidak ada pertemuan para pemuda, tentu tidak ada sumber api yang membakar semangat kaum muda untuk berjuang dalam kemerdekaan Indonesia,” tegas Defri.

Defri melanjutkan, Indonesia terdiri dari berbagai ras, suku, dan agama yang menjadi satu dalam bingkai Indonesia.

Maka dari itu menurutnya, sebagai pemuda generasi penerus bangsa perlu melakukan sesuatu untuk meningkatkan kembali nilai kebangsaan, Pancasila dan kecintaan terhadap Indonesia.

Selain dihadiri oleh perwakilan organisasi kepemudaan, seminar tersebut juga dihadiri Akademisi Sohibul Ansor, perwakilan DPW Partai NasDem Sumut Gito Hutapea selaku Koordinator Sayap Partai dan Anderson, perwakilan DPW Garnita NasDem Sumut, dan perwakikam dari Rumah Aspirasi Pranada Surya Paloh (PSP).

(mtd/bwo)

==========================================================

Komentar Anda