PA GMNI Deli Serdang.Ist

medanToday.com,DELISERDANG – PA GMNI Deli Serdang melaksanakan Seminar Regional dengan mengangkat tema Percepatan Penetapan dan Pembangunan DESIKA sebagai Segitiga Emas Penyangga KSPN di Balairung Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (27/11/2021).

Kegiatan yang di isi oleh Haris Binar Ginting (Pemkab Deli Serdang), Ruben Tarigan (DPRD Sumatera Utara), Anwar Saragih (DPD PA GMNI Sumut) dan Antonius Tarigan (Camat Gunung Meriah) mendapatkan respon yang sangat positif, utamanya masyarakat Deli Serdang yang hadir.

Hal itu disampaikan oleh Oki Teger M Bangun selaku Ketua DPC PA GMNI Deli Serdang sekaligus penyelenggara seminar regional. Pihaknya (Oki) mengungkapkan bahwa tujuan mengangkat tema seminar yang dimaksud semata-mata ingin memperjelas sikap PA GMNI yang berpihak pada percepatan pembangunan dikawasan punggung Kabupaten, terutama di kawasan Deli Serdang, Simalungun dan Karo.

“Kita bersyukur, Presiden Joko Widodo telah berhasil merubah paradigma pembangunan kita di Indonesia sehingga kita di daerah merasa punya optimisme bahwa tidak akan adalagi daerah yang akan ditinggalkan dalam hal pembangunan. Untuk itu, kita menginisiasi gagasan startegis ini dalam seminar regional yang berfokus pada penggalian potensi kepariwisataan, pertanian, peternakan dan perikanan diwilayah punggung Kabupaten Deli Serdang, Simalungun dan Karo,” Ungkap Oki.

Oki menjelaskan bahwa DESIKA sebagai Segitiga Emas Penyangga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba bukan sesuatu yang sulit untuk ditetapkan sebagai program dan nomenklatur baru kepariwisataan nasional di Sumatera Utara oleh pemerintah. Fakta dilapangan memang menjelaskan daerah atau kawasan tersebut memang sangat potensial. Ditambah lagi masyarakat kawasan tersebut sudah sangat mendambakan adanya pembangunan dan pengembangan diwilayah tersebut.

“ Kita akan fokus melakukan penggalian potensi dan konsolidasi bersama tim. Kita punya target, 2023 pemerintah bersedia menetapkan DESIKA sebagai Segitiga Emas Penyangga KSPN dan harapan kita Presiden bisa segera eksekusi Program pembangunan kawasan punggung kabupaten ini. Kita akan bekerja sama dengan Pemkab Karo dan Simalungun, bila perlu sampai ke Gubsu dan ketua DPRD-Su untuk menyatkan komitmen bersama. Seperti yang disampaikan oleh Pak Camat Gunung Meriah pada paparannya tadi, jelas sekali bahwa pondasi pembangunan kawasan punggung itu sudah ada seperti kepariwisataan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan. Kita akan sangat berdosa bila mengabaikan potensi strategis ini dan membiarkan kawasan tersebut minim pembangunan baik SDM, Ekonomi dan infrastruktur terpadu lainnya”. Jelas Oki.

Pada kesempatan yang sama Haris Binar Ginting, Kadis Kesbangpol Deli Serdang menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sangat setuju adanya dorongan dari PA GMNI utamanya mengenai kepariwisataan.

“ Kita dukung pemberdayaan kawasan dan masyarakat sehingga Deli Serdang tidak hanya sebagai lintasan kepariwisataan melainkan mampu menjadi destinasi wisata.” Jelas Haris.

Dalam keterangan penutupnya, Oki menyampaikan gagasan pada seminar tidak hanya menjadi percakapan lokal atau regional Sumatera Utara saja. PA GMNI Deli Serdang dan DPD GMNI Sumatera Utara sudah bersepakat akan membawa usulan ini ketengah perhelatan Kongres PA GMNI yang akan dilaksanakan di Bandung pada Desember 2021.

“ Kami sudah sepakat bersama DPD PA GMNI Sumatera Utara, agar DESIKA sebagai Segitiga Emas Penyangga KSPN ditetapakan sebagai salah satu rekomendasi dan keputusan startegis dalam Kongres PA GMNI di Bandung. Kehadiran kepala Desa se Kecamatan Gunung Meriah, masyarakat Kecamatan STM Hulu, para tokoh muda dan tokoh masyarakat akan kami jadikan semangat dan landasan pacu perjuangan mewujudkan DESIKA ini. Disamping itu, saya juga berterimakasih kepada Andi Junianto Barus salah satu tokoh muda nasional yang telah memberikan ide dan konsep ini menjadi salah satu agenda kerja alumni GMNI dalam pembangunan masyarakat dan kawasan di Deli Serdang dan Sekitarnya.” tutup Oki.

========================

Komentar Anda