PDAM Tirtanadi Gandeng Bank Sumut Dalam Hal Pembayaran Pasang Baru

medanToday.com, MEDAN – Mencegah pungutan liar (Pungli), PDAM Tirtanadi menggandeng Bank Sumut untuk pembayaran pemasangan baru pelanggan PDAM Tirtanadi.

Hal ini dikatakan Direktur Utama PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo.

Ia mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan pihak Bank Sumut pada Selasa (12/9/2017) lalu di Kantor Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan.

Saat itu, kata Dirut Tirtanadi, dua BUMD Pemprov Sumut yaitu PDAM Tirtanadi dan Bank Sumut menandatangani addendum perjanjian kerjasama dalam hal pembayaran pasang baru dan non air lainnya secara online.

“Penandatangan dilakukan oleh saya sendiri dan Direktur Utama Bank Sumut Eddie Rizliyanto,” ujarnya saat dijumpai di GOR Mini Jalan Pancing saat menghadiri Kejuaraan Bola Voli Putra-Putri HUT Ke-112 PDAM Tirtanadi, Senin (18/9/2017).

Pembayaran pemasangan baru secara online ini, kata Sutedi untuk mencegah pegawai melakukan pungli kepada calon pelanggan Tirtanadi.

“Kalau pegawai yang pegang duit, bisa jadi mereka khilaf dan melakukan pungli kepada calon pelanggan kita. Makanya kita melakukan kerjasama ini dengan Bank Sumut,” katanya.

Dikatakannya, untuk saat ini, kerjasama masih dalam tahap pembayaran secara online. Namun, ke depan, pihaknya akan menjadikan semua pasangan baru semua melalui online.

“Jadi setiap masyarakat yang ingin menjadi pelanggan Tirtanadi bisa langsung mendaftarkan diri dan alamatnya melalui online dan itu akan tersimpan ke database kita yang bisa langsung dilihat oleh saya dan masing-masing kepala cabang,” katanya.

Hal ini juga untuk mengantisipasi keterlambatan kinerja dari para pegawai yang sangat lama dalam pengurusan pemasangan baru.

“Dengan sistem online ini, saya bisa memantau dan bisa langsung menegur kepala cabang apabila ada permintaan calon pelanggan untuk pemasangan baru yang belum terealisasi,”ujarnya.

Pihaknya sangat berharap kepada masyarakat untuk terus mendoakan Tirtanadi agar semakin hari semakin bagus pelayanannya kepada masyarakat dan calon pelanggan Tirtanadi.

Sementara itu, Dirut Bank Sumut Eddie Rizliyan memberi appresiasi setinggi-tingginya pada PDAM Tirtanadi yang tetap menjalin kerjasama dengan sesama BUMD Pemprov Sumut yang sebelumnya sudah dilakukan dalam hal pembayaran tagihan air secara online.

Antara Bank Sumut dan PDAM Tirtanadi, katanya, telah menjalinkan kerjasama sejak 2014.

Ada tiga jalinan kerjasama yakni pelayanan pembayaran tagihan air PDAM Tirtanadi secara online melalui deliveri chanel bank (Teller, ATM dan news SMS Banking), pembayaran gaji pegawai PDAM Tirtanadi dan melayani kredit multiguna dan KPR pegawai dan ditambah dengan pembayaran pemasangan baru ini.

“Melalui pengembangan layanan pembayaran air ini secara keseluruhan dan terintegrasi akan dapat mempermudah baik transaksi para pelanggan air maupun dalam pengelolaan sistem penerimaan di PDAM Tirtanadi sendiri. Dari sinergi BUMD diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pertumbuhan ekonomi di Sumut,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, saat ini Bank Sumut memiliki jaringan operasional sebanyak 284 kantor, di antara 49 di Kota Medan dan 265 ATM tersebar di Sumut termasuk di Jakarta.

Diharapkan jaringan ini dapat melayani kebutuhan para pelanggan yang ada di Kota Medan maupun di luar Kota Medan.

“Sebagai BUMD kami siap lebih dekat lagi memberi pelayanan bagi nasabah,” ungkapnya.

(MTD/FUN)

Komentar Anda