ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com,BINJAI – Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Binjai, Maljumadi menjelaskan saat ini terdapat berbagai inisiatif di Indonesia yang lebih menunjang literasi digital antara lain, internet sehat, internet cerdas kreatif produktif oleh Kementerian Kominfo.

Menurutnya literasi digital adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap siswa sebagai respons atas masuknya kehidupan pada era revolusi industri 4.0 (computer/internet of things).

“Ranah Pendidikan harus merespon secara proaktif akan fenomena yang terjadi, termasuk menyikapi perubahan pada era kehidupan ini,” ujarnya saat menjadi pembicara pada acara Webinar Literasi Digital bertema “Pembelajaran Yang Produktif di Era Digital Bagi Milenial” di Binjai, 23 Juni 2021

Ia menambahkan strategi literasi digital di sekolah yaitu untuk penguatan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan jumlah dan ragam sumber belajar guna memberi kesempatan kepada siswa dalam memilih sumber informasi digital, perluasan akses sumber belajar yang dapat dimanfaatkan sehingga memudahkan seluruh siswa untuk mengakses berbagai informasi dari internet, peningkatan pelibatan public yang memiliki kompetensi dalam literasi digital, serta penguatan tata kelola sekolah melalui pengembangan sistem administrasi elektronik.

Psikolog Klinis, Masfuukhatur Rokhmah menyampaikan perkembangan teknologi digital sangat cepat sekali terjadi. Dimulai dari perkembangan komputer, kemudian lahirnya internet, kemudian telepon seluler dan muncul situs jejaring sosial. Manfaat teknologi digital antara lain mudah mendapatkan informasi, menstimulasi kreativitas, dan mempermudah proses pembelajaran.

Hasil analisis terkait profil sosial, demografi, ekonomi dan politik pada karakteristik generasi milenial yaitu, komposisi generasi milenial menurut jenis kelamin terlihat berimbang, generasi milenial cenderung memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik sekitar dua pertiga dari populasi masuk kedalam angkatan kerja, keseimbangan gender terlihat pada generasi milenial dalam partisipasi angkatan kerja.

Bidang IT PT. Prima Armada Raya, Arief Rama Syarif menjelaskan mobile web adalah halaman HTML berbasisi browser yang diakses menggunakan perangkat portable, sedangkan mobile app adalah aplikasi yang dibuat untuk smartphone atau tablet yang mengharuskan penggunanya untuk download dan install melalui toko aplikasi.

“Bagaimana cara meningkatkan keamanan aplikasi mobile? Yaitu dengan berhati-hati dengan API dengan menggunakan API key, gunakan jasa IT security, gunakan kode aplikasi, dan gunakan otentikasi tingkat tinggi,” ujarnya.
Menurutnya, Untuk keamanan sosial media maka perhatikan izin aplikasi, teliti aplikasi dan perusahaan pembuat aplikasi, selalu unduh ditempat resmi, yakni google play store atau Appstore, selalu perbarui perangkat lunak secara berkala, gunakan VPN saat memakai wifi public.

Kepala Sekolah, Edi Salim Chaniago menerangkan ada tiga aspek pada pembelajaran produktif yaitu aspek personal, aspek budaya, dan aspek dengan mengeksplorasi potensi masing-masing anak.

STEAM adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan sains, teknologi, seni dan matematika sebagai titik akses untuk membimbing rasa ingin tahu, komunikasi dan berpikir kritis siswa. STEAM sendiri adalah singkatan dari Science, menemukan dan menjelaskan; Technology, menemukan hal baru dan inovasi; Engineering, mengendalikan, merancang, memodifikasi; Arts, sosial dan budaya; dan Mathematics, bahasa simbol untuk mempresentasikan realita.

“Cara penerapan nya adalah dengan membedah kompetensi dasar, perencanaan pembelajaran virtual, lakukan pembelajaran, laboratorium virtual, dan pameran produk virtual,” ungkapnya.(*)

==========================

Komentar Anda