Beranda Alam Lingkungan Sinabung Erupsi Disertai Gempa Selama 200 Detik

Sinabung Erupsi Disertai Gempa Selama 200 Detik

Gunung Sinabung mengeluarkan lava pijar bersama guguran awan panas terlihat dari Desa Tiga Pancur, Tanah Karo, Sumut,, September 2014. Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com,Karo – Aktivitas Gunung Sinabung kembali terjadi. Gunung Api yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali erupsi pada, Sabtu 23 September 2017 pukul 09.23 WIB.

Kali ini, erupsi yang terjadi tidak disertai guguran lava dan awan panas. “Ada erupsi tadi satu kali dengan tinggi kolom yang teramati 1500 meter,” ucap Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Sabtu 23 September 2017.

Armen menjelaskan, selain mngeluarkan abu vulkanik, erupsi yang terjadi diiringi gempa kekuatan rendah dengan waktu sekitar 200 detik.

Terpantau, abu vulkanik mengikuti arah angin ke timur dan timur tenggara. Secara visual, saat ini puncak Gunung Sinabung tertutup kabut.

“Kondisi Sinabung untuk saat ini agak tertutup kabut, disini juga terekam angin yang cukup kencang,” papar Armen.

Lebih lanjut ia mengatakan, erupsi susulan masih bisa terjadi, karena status Gunung Sinabung berada di level IV atau awas. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait.

“Masyarakat sekitar Sinabung hindari zona-zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi-erupsi Gunung Sinabung,” tandas Armen.(mtd/bwo)

================

Komentar Anda