ILUSTRASI. Ist

medanToday.com,TANJUNGBALAI – Ada empat ancaman di internet, antara lain konten negatif, kecanduan, bullying, dan child predator. Tips yang bisa dilakukan seperti memperhatikan agar anak tidak melihat konten pornografi, mengkonfirmasi informasi yang didapatkan, selektif dalam memercayai informasi, dan menghindari situs perjudian.

“Faktor pendukung terciptanya keamanan anak pada saat menggunakan internet sebagai antisipasi di dunia digital, yaitu orangtua harus tetap mendampingi anaknya ketika mereka bereksplorasi dengan internet rumah dan senantiasa membimbing,” ujar Wali Kota Tanjungbalai, Waris saat menjadi pembicara pada Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital dengan mengusung tema “Tips Menjaga Keamanan Anak di Dunia Digital” 28 Juni 2021.

Psikolog, Sulastry Pardede menjelaskan orang tua perlu memberi batasan usia untuk memberikan gadget kepada anak, membatasi screen time dan orang tua juga harus mendampingi anak-anak. Jadi para orang tua harus konsisten memberi peraturan kepada anak-anak dalam bermain internet.

Dosen Ilmu Komunikasi, Rasianna B. Saragih mengatakan orang tua bisa menanamkan 3 hal untuk mengantisipasi keamanan di dunia digital seperti, mengembangkan kreativitas, kolaborasi dan kritis dalam berpikir.

Sedangkan Dosen Unisba Bekasi, Dr. Akmal Rizki Gunawan menuturkan ketika kita bermedia sosial kita harus tahu etika berkomunikasi. Pengarahan orang tua sangat penting untuk para anak, sehingga membuat anak memakai digital dengan baik.(*)

===================

Komentar Anda