Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah. (Ist)

medanToday.com, MEDAN – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) menyatakan jumlah pasien aktif terpapar Corona di Sumut terus mengalami penurunan.

Juru bicara Satgas Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan, hingga saat ini jumlah pasien aktif menurun dari sebelumnya 2.013 menjadi 1.935 orang.

“Pasien aktif mulai berkurang setelah 161 pasien dinyatakan sembuh,” kata Aris Yudhariansyah, Kamis (15/10).

Dijelaskannya, hingga saat ini kasus konfirmasi positif Corona di Sumut ada penambahan sebanyak 88 orang sehingga jumlahnya mencapai 11.596 kasus. “Sementara pasien meninggal dunia bertambah lima orang, sehingga totalnya 485 orang,” ungkapnya.

Menurut Aris, penambahan paling banyak terjadi pada pasien suspek yakni 51 kasus, sehingga seluruhnya menjadi 1.023 orang. Pun begitu, lanjut Aris, pemerintah terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan mengawasi para pelaku usaha untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes).
Memastikan mereka tidak menyediakan tempat berkumpul yang dikhawatirkan akan menjadi kluster baru.

Kemudian, melakukan pengecekan melalui tes usap terhadap para tracing dan kontak erat. Hasilnya sampai hari ini jumlah spesimen yang sudah diperiksa mencapai 112.964 sampel.

“Kita imbau masyarakat tetap mematuhi Prokes, baik saat beraktivitas di rumah maupun berada di luar. Bagi pelaku usaha agar mematuhi penerapan Prokes sesuai aturan yang telah disosialisasikan,” ujarnya. (mtd/cis)

Komentar Anda