medanToday.com,BALIGE – Bupati kabupaten Toba Samosir, Ir Darwin Siagian menyambut dengan antusias event “International Toba Kayak Marathon 2017” yang rencananya akan diselenggarakan pada Juli 2017.

Hal tersebut disampaikan saat menerima Audensi Komunitas Kayak Paddler Sumatra di Rumah dinas Bupati Tobasa pada 06 Januari 2017. Pada kesempatan tersebut hadir juga, Kadis Pariwisata Tobasa Ultri Simangunsong ST, MT, Kadis Perhubungan Ir Pergaulan Sianipar, Kepala Dinas Pendapatan Daerah James Silaban SE, Kadis Pengerjaan Umum Bresman Simangunsong ST, Perwakilan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran ibu Santi, dan yang fasilitator lokal dari kemwnterian pariwisata, Patrick Lumban Raja.

Ketua Komunitas Padller Sumatra Carles Simson Panjaitan S Hut, Msc mengatakan event “International Toba Kayak Marathon 2017” sangat layak dilaksanakan di Danau Toba karena kondisi danau yang ralatif tenang, panorama yang indah dan diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat melalui industry pariwisata.

Saat pemaparan tentang olah raga kayak, sesaat semua peserta yang hadir saat audiensi terdiam seolah mengingat masa kecil masing-masing. Mereka teringat akan “solu” armada menyerupai kayak yang kerap mereka gunakan untuk pergi ke sekolah dan menangkap ikan saat mereka masih usia sekolah.

Tak luput, putra batak yang berasal dari sekitar danau toba yang sudah jadi pengusaha sukses dan pejabat-pejabat seperti mereka pasti memiliki kenangan menggunakan solu. Sontak, mereka teriak dan bersemangat kami juga bisa juga ikut berkayak dalam event tersebut.

Memori masa kecil itulah yang menyemangati pejabat-pejabat daerah Tobasa untuk turut membantu terlaksananya event ini.

“International Toba Kayak Marathon 2017” akan diselenggarakan selama 3 hari pada tanggal 28-30 July 2017 dengan skala internasional ini akan menghadirkan sekitar 200 Kayaker domestic dan mancanegara. Event ini akan menjadi Icon olah raga wisata air di danau toba dan akan menjadi yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia khususnya Danau Toba.

Kadis Pariwisata, Bapak Ultri Simangunsong sangat mendukung kegiatan ini dilaksanakan di daerah Pantai Bul bul – Moron – Situmurun. Sudah masuk kalender event Tobasa 2017 dan sudah diteruskan ke Kementrian Pariwisata, kita berharap Kementrian Pariwisata, Badan Otorita Danau Toba dan Sektor swasta akan turut membantu terlaksananya kegiatan ini, tambahnya.

Pada kesempatan itu, beliau juga menyampaikan akan menyambut baik pihak swasta dan sponsorship dan menaikkan gairah industry pariwisata di Tobasa.

Gayung bersambut, Kepala Bappeda Bapak James Silaban dengan semangat menyatakan akan turut membantu terlaksananya kegiatan ini dengan melibatkan sector swasta melalui program CSR sector swasta untuk membantu peningkatan sector pariwisata di Tobasa.

Tim Paddler Sumatra saat melakukan survey jalur "Internasional Toba Kayak Marathon 2017" di Kabupaten Toba Samosir Balige, Danau Toba, Sumut, Kemarin. International Toba Kayak Marathon 2017 yang rencananya akan diselenggarakan selama 3 hari pada tanggal 28-30 July 2017 dengan skala internasional ini akan menghadirkan sekitar 200 Kayaker domestic dan mancanegara. (MTD/Ist)
Tim Paddler Sumatra saat melakukan survey jalur “Internasional Toba Kayak Marathon 2017” di Kabupaten Toba Samosir Balige, Danau Toba, Sumut, Kemarin. International Toba Kayak Marathon 2017 yang rencananya akan diselenggarakan selama 3 hari pada tanggal 28-30 July 2017 dengan skala internasional ini akan menghadirkan sekitar 200 Kayaker domestic dan mancanegara. (MTD/Ist)

Pada kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Tobasa memohon agar instansi-instansi terkait (SKPD daerah) dapat berkomunikasi dan saling mendukung untuk mensukseskan kegiatan ini, dan diangkat menjadi event rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun serta akan menjadi ICON sport tourism di danau toba.

Wakil bupati, bapak Hulman Sitorus, MM, melalui rapat yang dipimpinnya dalam acara ekspose International Toba Kayak Marathon menginstruksikan semua SKPD kabupaten untuk mendukung kelancaran event.

Harapannya masyarakat dapat merasakan peningkatan ekonomi melalui sektor wisata sehingga akan tumbuh niat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian daerah wisata. Usai audiensi, Bapak Bupati Ir. Darwin Siagian beserta jajarannya menyatakan siap menjadi “Tuan Rumah untuk event International Toba Kayak Marathon 2017”.

Pertemuan ini di akhiri dengan salaman dan foto bersama jajaran Pemkab Tobasa dengan komunitas Paddler Sumatra. (mtd/min/adv)

==================

Komentar Anda