medanToday.com,MEDAN – Sebanyak 1750 orang personel gabunga TNI dan Polri disiagakan untuk mengawal kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Sumatera Utara (Sumut).

Tak hanya itu, kenderaan tempur milik Kaveleri pun ikut diturunkan. Hal ini diketahui dari gelar pasukan pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Lapangan Benteng, Kamis 12 Oktober 2017.

Gelar pasukan yang melibatkan ratusan personel TNI dan Polri ini dipimpin langsung oleh Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Sumantri dan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw.

Dalam kesempatan itu, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Soemantri menekankan kepada personel yang hadir agar menjalankan tugas dilapangan dengan solid.

“Kita hadir disini untuk menjalankan tugas yang diatur Undang-Undang. Kita sebagai prajurit TNI dan Polri harus menjunjung tinggi itu,” kata Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Soemantri, Kamis 12 Oktober 2017 di Lapangan Benteng Medan.

“Saya minta saat jalankan tugas TNI Polri menjadi satu kesatuan. Tanamkan soliditas persaudaraan, karena kalau kita terpecah itu diinginkan pihak tertentu,” tegasnya.

Terkait dengan apel yang dilakukan, jenderal bintang dua ini mengatakan, apel ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan. “Yang membedakan hanya objek yang dikunjungi VVIP saja,” paparnya.

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw menambahkan, dalam pengamanan yanh dilakukan, pihaknya akan berbagi tugas dengan prajurit TNI. Mereka akan berada pada ring dua dan seterusnya.

Pihak Kepolisian akan bersiaga untuk menjaga di lintasan yang akan dilewati Presiden Jokowi. Terutama beberapaan lokasi rawan kemacetan, laka lantas dan penyempitan jalan.

“Kami akan bersinergi dengan TNI, penempatan beberapa personil di beberapa titik, rawan macet, laka lantas, dan penyempitan jalan. Ada perbaikan perbaikan juga yang dilakukan,” kata Paulus.

Kepada seluruh personel gabungan ia menegaskan, agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan komitmen tinggi.

“Saya harap Kita masing – masing menjalankan tugas dengan prnuh tanggungvjawab dan komitmen tinggi. Dengan begitu tugas yang kita kerjakan tidak akan terasa berat. Jangan lengah tetap waspada, dan selamat bertugas,” tandas Kapolda.(mtd/bwo)

==================