medanToday.com – Akhir pekan, IHSG-1′>Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat. Pada perdagangan Jumat (29/9) indeks naik 1,02%. Indeks berada pada level 5.900,85. Setelah sebelumnya dibuka pada level 5.855,08.

Menutup bulan September, sekaligus menjadi penutup perdagangan pada kuartal 3 tahun ini. Lantas bagaimana perjalanannya? Pasar akan kembali aktif pada Senin (2/10) yang mana itu telah memasuki kuartal terakhir tahun ini.

Dari data RTI, dalam tiga bulan belakangan, net sell masih terus terjadi. Angkanya tercatat Rp 30,57 triliun. Artinya, dana dari investor asing masih keluar dari pasar bursa sebesar itu. Sedangkan, bila ditarik dari awal tahun, atau year to date (YTD), dana asing juga mengalami net sell sebesar Rp 11,04 triliun.

Pada bulan Oktober 2017, salah satu sentimen IHSG yakni adanya pengumuman kinerja kuartal 3. Momentum ini diyakini bisa turun menambah gairah pasar modal.

“Sebenarnya IHSG ini cukup anomali tahun ini. Di mana asing terus melakukan net sell dan rupiah sedang trend melemah,” kata Liyanto Sudarso Investment Analyst MNC Asset Manajemen kepada KONTAN, Jumat (29/9).

(mtd/min)

Komentar Anda