Petugas medis saat akan melakukan tes swab kepada masyarakat. (dok: medanToday.com)

medanToday.com, MEDAN – Memperingati Hari Kesehatan Nasinal (HKN) yang jatuh pada 12 November 2020. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan kembali menggelar tes Swab (Usap) secara gratis kepada masyarakat.

Kepala seksi Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan (ADKL) Medan, Yukresna Ivo Limbong mengatakan, kuota tes usap yang dilakukan hari ini lebih banyak dibanding sebelumnya. Mulai pagi masyarakat sudah hadir untuk menjalani tes usap yang dilaksanakan di halaman kantor BTKLPP Kelas I Medan, Jalan Wahid Hasyim, Kecamatan Medan Baru.

“Dalam rangka memperingati HKN ke 56, kita menambah kuota Swab massal sampai 150 orang. Tes dimulai dari pukul 09.30 sampai dengan 12.00 WIB,” katanya saat diwawancarai medanToday di lokasi, Senin (16/11).

Yukresna menyampaikan, kegiatan ketiga sekaligus penutup di bulan ini mendapat respon positif dari masyarakat. Tes yang sama akan dilakukan pada awal Desember mendatang. Masyarakat yang ingin mengikuti tes selanjutnya bisa melihat informasi di akun Facebook BTKLPP Kelas I Medan.

“Antusias warga dari awal sampai akhir kegiatan cukup baik. Bahkan, di tes pertama warga sudah meminta kuota diperbesar,” ujarnya.

Yukresna menambahkan, hasil tes usap akan dikeluarkan dalam waktu lima hari ke depan. Untuk cara pengambilannya masyarakat akan dihubungi dan diminta datang ke kantor dengan membawa KTP.

Seperti diberitakan sebelumnya, tes Swab massal secara gratis dilakukan untuk menjawab permintaan dari masyarakat Kota Medan. Kegiatan yang sama juga dilakukan di beberapa daerah lain seperti Samosir, Tanjungbalai, Siantar, Binjai dan Sergai.

“Hari ini kita melakukan tes Swab Covid-19 secara gratis di Medan dan beberapa daerah lainnya,” kata Kepala seksi Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan (ADKL) Medan, Yukresna Ivo Limbong, Senin (2/11).

Lanjutnya, untuk pendaftaran masyarakat bisa mengakses informasi dari akun Facebook BTKLPP yang dibuka setiap Jumat. “Kegiatan ini rutin dilakukan setiap Senin di November. Kalau mau mendaftar bisa melalui akun Facebook kita,” jelasnya. (mtd/min)

Komentar Anda