Presiden Joko Widodo (Istimewa).

medanToday.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat dilakukan secara gratis. Hal itu dilakukan setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan mengkalkulasi ulang keuangan negara.

“Sekali lagi gratis atau tidak dikenakan biaya sama sekali,” ucap Jokowi saat memberikan keterangan yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12).

Mantan Wali Kota Solo itu juga menginstruksikan seluruh jajaran di kabinetnya yakni kementerian, lembaga dan pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021 mendatang.

“Saya juga instruksikan kepada menteri keuangan untuk memprioritaskan dan merelokasi dari anggaran lain terkait ketersedian dan vaksinasi secara gratis ini. Sehingga, tidak ada alasan masyarakat tidak mendapatkan vaksin,” katanya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan, dirinya menjadi penerima pertama yang akan divaksin. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

“Terakhir, saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Ini demi kebaikan kita semua,” pungkasnya. (mtd/min)

Komentar Anda