medanToday.com,JABAR – Kondisi kawasan Tangkuban Perahu beberapa hari usai erupsi cenderung kondusif. Abu vulkanik sudah tak lagi turun di sekitar kawasan wisata tersebut. “Situasi cukup kondusif, tidak ada hal-hal yang signifikan sampai saat ini,” ucap Kapolsek Lembang Kompol Sutarman, Sabtu (28/7/2019).

Dari pos pengamanan, Sutarman menuturkan kondisi kawasan Tangkuban Perahu saat ini normal. Meski begitu, untuk aktifitas wisatawan saat ini masih ditutup.

“Jadi pemantauan saat ini normal. Namun untuk kegiatan wisatawan ke Tangkuban Perahu belum dibuka, nunggu keputusan dari geologi. Untuk pengamanan, pos siaga bencana baik pos satu dan pos dua masih bertahan,” tutur Sutarman.

Sutarman menambahkan hujan abu vulkanik usai erupsi pun saat ini sudah tak terjadi. Kondisi saat ini, kata dia, sudah normal seperti biasanya.

“Kalau abu hanya saat kejadian. Kemarin dan sampai saat ini nggak ada reaksi kembali. Kalau asap di kawah sudah biasa lagi, sudah memutih,” katanya.

Seperti diketahui gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi pada Jumat (26/7) lalu. Hujan abu vulkanik sempat turun dan bekasnya menyelimuti area wisata tersebut.(mtd/min)

======================

Komentar Anda