Catat, POLDA METRO JAYA Akan Lakukan Rekayasa di AKSI 313

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan (ketiga kanan), Perwakilan Pangdam Jaya/Jayakarta Kolonel Kav. Marsudi (ketiga kiri), Ketua Bawaslu Mimah Susanti (kedua kanan), Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno (kedua kiri), Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono (kiri) dan Asisten Pemerintah DKI Jakarta Bambang Sugiyono (kanan) bertumpu tangan bersama usai memberikan keterangan pers hasil rapat koordinasi tertutup di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (29/3). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

medanToday.com,JAKARTA –┬áBelum ditahannya terdakwa dugaan penodaan agama Islam, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membuat beberapa pihak jadi gerah. Salah satu yang kebelet Ahok ditahan adalah Sekretaris Dewan Syuro Front Pembela Islam (FPI) DPD DKI Jakarta, Novel Chaidir Hasan Bamukmin.

Novel menyebutkan, pihaknya bersiap menggelar aksi damai untuk terus menuntut Ahok dipenjara. Nama aksinya kali ini disebut 313 lantaran bakal digelar pada Jumat (31/3) pekan depan. Demonstrasi tersebut merupakan lanjutan dari aksi-aksi sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas saat pelaksanan demokrasi Jumat (31/3) atau disebut aksi 313. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Iriawan mengatakan, pihaknya akan menutup beberapa akses dalam radius 500 meter menuju Istana Merdeka, untuk kelancaran demonstrasi.

“Tentu rekayasa lalu lintas ada kami lakukan nanti. Di beberapa tempat seperti patung kuda kami akan mulai tutup nanti. Kemudian di sekitar Gambir, kemudian di belakang Jalan Veteran,” kata Iriawan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/3).

Meski demikian, Iriawan menjelaskan, pengalihan atau rekayasa lalu lintas masih akan tergantung dari perkembangan terakhir pergerakan demonstran malam hari ini.

Sementara itu, Iriawan mengatakan akan mendalami informasi terkait rencana demonstran yang berkumpul di lima titik usai melaksanakan aksinya besok.

“Sore hari ini kami akan lakukan komunikasi juga dengan mereka. Sehingga kami menyampaikan kepada mereka kalau sudah bubar ya silakan kembali,” ujar Iriawan.

Iriawan juga mengungkap, masih memantau perkembangan informasi demonstran yang berencana menuju gedung parlemen usai menjalankan aksi di sekitar Istana Merdeka.

“Alternatifnya ada. Namun demikian kami lihat perkembangan situasi malam ini. Hasil dari analisa intelijen apa mereka akan ke DPR atau tetap di Istana Presiden,” katanya.

Baca Juga:

 

FPI Siapkan Aksi 313 Tuntut Ahok Dipenjara


Kepolisian pun, kata dia, mengimbau agar pelaksanaan demonstrasi dapat dilakukan dengan tertib dan mematuhi aturan berlaku sesuai perundang-undangan.

“Sekali lagi saya sampaikan untuk mematuhi aturan-aturan yang ada dan menjaga ketertiban. Jangan mengganggu ketertiban umum, sehingga berjalan tertib dan terkendali seperti hari ini,” kata dia.

Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khathtath sebelumnya menjamin aksi massa 31 Maret mendatang akan berlangsung kondusif. Komitmen ini juga telah ditegaskan dalam surat pemberitahuan untuk kepolisian.

Aksi 313 yang digerakkan oleh FUI esok hari ini rencananya akan dimulai usai Salat Jumat. Masjid Istiqlal Jakarta akan menjadi titik kumpul utama.

Setelah berkumpul di Istiqlal, massa rencananya akan melakukan long march yang berakhir di Istana Kepresidenan. (mtd/min/cnn)

========

Komentar Anda