Presiden Joko Widodo saat menyematkan tanda jabatan kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Handout)

medanToday.com, JAKARTA – Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mewujudkan harapan masyarakat pada Polri selama ini. Hal itu disampaikannya usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz, Rabu (27/1) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

“Kami berangkat dari potret Polri di masyarakat dan apa yang diharapkan masyarakat terhadap Polri dan bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis,” kata Listyo.

Ia mengatakan ingin menampilkan wajah kepolisian yang mampu memberikan layanan publik yang baik. Selain itu, ia juga berjanji mendorong Polri agar memberikan pelayanan secara transparan dan mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan.

“Ini menjadi komitmen kami untuk bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindak lanjuti, sebagaimana kami tuangan dalam rencana kami untuk melaksanakan transformasi di empat bidang dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan,” kata Listyo.

Listyo juga menyadari situasi pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia menjadi tantangan sendiri di masa kepemimpinannya. Ia pun berjanji Polri akan bersikap tegas mendisiplinkan penegakan aturan protol kesehatan di tengah masyarakat. “Karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi,” ucap Listyo.

Ia pun mengatakan Polri siap membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini terjerat krisis akibat pandemi.

“Sehingga kita semua bisa segera terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali bertumbuh. Itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas Kamtibmas berjalan dengan lancar, aman, dan baik,” kata Kapolri Listyo Sigit. (mtd/min)

Komentar Anda