ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com,LANGKAT – Konsep pembelajaran online harus ada perangkat keras dan perangkat lunak, bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Ciri-ciri pembelajaran online pembelajaran individu, teratur dan sistematis sama dengan dunia nyata. Untuk itu baik tenaga pendidik maupun pelajat harus beradaptasi dengan pembelajaran gaya baru ini.

Menurut penulis Dian Ikha Pramayanti, pembelajaran online harus mengutamakan keaktifan siswa. “Ini tantangan untuk guru dan dosen masalah signal maupun media HP, laptop, keterhubungan antar siswa dan guru harus adanya pengawasan,” ujar Dian saat menjadi pembicara dalam rangkaian Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital yang digelar di Langkat, 21 Juni lalu.

Dosen Dede Prabowo Wiguna berpendapat pendidik harus menanamkan literasi kepada peserta didik. Peringkat Literasi dunia pelajar Indonesia peringkat ke 71, masih sangat rendah.

“Singapura sebagai negara kecil bisa menduduki tingkat ke 2, sangat ironis dengan bangsa kita. Sebagai pendidik dapat meningkatkan literasi di Indonesia lewat pelatihan, riset, kajian maupun seminar-seminar,” jelasnya.

Sedangkan akademisi, Irfan Sophan Himawan memberikan materi soal Fitur Keamanan di Berbagai Aplikasi Pembelajaran Online. Irfan menyorot soal pemilihan aplikasi untuk belajar mengajar.

Menurutnya, Zoom punya kestabilan yang baik dan memiliki keberagaman fitur serta dapat diakses dengan gratis. Lalu ada Google meet, yang dapat langsung diakses melalui telepon selular, gratis tanpa batas waktu melai internet, memiliki keamanan yang lebih baik. Selain membahas beberapa aplikasi, Irfan mengingatkan pentingnya menjaga keamanan jaringan.

Perhatikan nama jaringan wifi, perhatikan HTTPS, gunakan keamanan tambahan dan enkripsi kata sandi, aktifkan firewall. HKI Hak Kekayaan Intelektual yakni hak Paten, merek, desain industry, hak cipta, indikasi, geografis, rahasia dagang, desain tata letak sirkuit terpadu.

Shinta Syamsul Arif sebagai Key Opinion Leader dalam webinar kali ini menuturkan kalau dunia teknologi adalah sesuatu yang sangat luas. Maka penting bagi orang tua untuk membimbing anak-anak untuk dapat memanfaatkannya secara positif. “Harus diakui pula dengan adanya era digital, manusia secara umum sangat terbantu karena informasi bisa diakses dengan mudah,” jelasnya.(*)

====================

Komentar Anda