Puluhan Veteran saat berfoto bersama dengan anggota Kodam I Bukit Barisan sebelum menonton film Merah Putih Memanggil, Jumat (10/11/2017). (Tribun Medan/Ayu)

medanToday.com, MEDAN – Puluhan tahun yang lalu mereka berjuang untuk membela tanah air dan memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Jasanya untuk bangsa Indonesia tak terukur dengan apapun. Oleh karenanya, tak salah rasanya menghargai jasa mereka dengan mengingatnya.

Di peringatan Hari Pahlawan kali ini, puluhan veteran tampak berkumpul di lobi bioskop Ringroad City Walk XXI Jalan Ringroad Medan, Jumat (10/11/2017).

Puluhan veteran tersebut diajak untuk nonton bareng film Merah Putih Memanggil.

Menggenakan seragam berwarna kuning para veteran tersebut sangat antusias untuk menyaksikan film yang yang menceritakan tentang operasi gabungan yang harus dilakukan untuk menyelamatkan sebuah kapal yang disandera oleh teroris internasional tersebut.

Salah satunya dirasakan oleh Alauddin, Veteran yang turut dalam acara nonton bareng. Ia cukup antusias ketika menerima undangan untuk melakukan nonton bareng film tersebut.

“Saat mendapatkan kesempatan untuk menonton film ini saya cukup senang. Apalagi film ini adalah film yang bercerita tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya saat ditemui ketika menunggu film mulai, Jumat (10/11/2017).

Ia menuturkan, yang juga membuatnya cukup antusias adalah ketika ia dan para veteran lainnya yang ada di Medan bisa berkumpul kembali.

“Saya sangat berterima kasih karena bisa bertemu dengan teman-teman seperjuangan,” tuturnya.

Aster Kodam I Bukit Barisan, Kolonel Arm Nursamsuddin, mengatakan, acara nonton bareng tersebut dilakukan untuk kembali memberikan kebahagiaan kepada para veteran dan juga pejuang.

“Hari ini tanggal 10 November yang merupakan hari Pahlawan dan menjadi hari yang istimewa untuk para veteran,” terangnya.

Ia menjelaskan, memilih mengajak para veteran menonton film Merah Putih Memanggil untuk memberikan apresiasi dan juga mempererat tali silahturahmi.

“Harapannya dengan kita menonton film karya senior kita yaitu TB Silalahi dan merupakan karya terbaik yang patut diberikan apresiasi sehingga melalui nonton bersama antara TNI, para veteran, para pejuang harapannya bisa semakin mempererat tali silahturahmi,” jelasnya.

Ia menuturkan, Dengan adanya kegiatan nonton bareng tersebut, bisa saling bertukar pikiran dalam hal perjuangan.

Perjuangan masa lalu yang dilakukan oleh para pejuang dan veteran dengan perjuangan yang dihadapi oleh anggota TNI dan generasi muda saat ini.

“Dengan melihat film tersebut, kita berharap bisa timbul atau melahirkan semangat juang, rasa cinta terhadap NKRI, karena film ini bertema tentang misi penugasan terhadap pasukan TNI dalam rangka melaksanakan aksi internasional yaitu membebaskan sandera,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, dari film tersebut banyak hal-hal yang memiliki nilai yang sangat positif terutama untuk generasi muda.

“Kemudian ucapan terima kasih bapak Pangdam pada veteran dan pejuang dengan semangat yang masih tinggi berkenan hadir dan semangat untuk menonton. Sebuah bentuk pengorbanan yang tidak ternilai harganya,” katanya.(mtd/min)

========================================================

Komentar Anda