Raja Salman Hingga Erdogan Tawarkan Bantuan Untuk Korban Gempa Sulteng

Jokowi di Palu. Merdeka.com

medanToday.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pintu bantuan internasional untuk korban gempa Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Dia menjelaskan banyak pihak negara luar yang akan memberikan bantuan.

“Kawan-kawan kita dari negara lain banyak dan mereka menyampaikan apa yang dibutuhkan mereka akan kirim kemarin misalnya Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud yang telepon saya. Kemudian Presiden Erdogan Turki juga telepon saya langsung, kemudian juga PM Australia juga whatsapp saya langsung, artinya ingin membantu,” kata Jokowi di Halaman Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

Jokowi juga menjelaskan sudah memerintahkan para menteri untuk segera mencatat apa saja kebutuhan yang perlu dipasok.

“Kemarin sudah saya sampaikan kepada menteri-menteri terkait, urusan BBM penting sekali, urusan listrik juga penting sekali diselesaikan. Kemudian infrastruktur yang memberikan dukungan kepada kecepatan penanganan logistik misalnya jalan yang longsor ada airport yang segera bisa normal kembali juga kita dorong,” papar Jokowi.

Dia juga sudah meminta kepada aparat kepolisian serta TNI agar menjaga ketat SPBU. Kemudian pusat-pusat ekonomi diberikan sehingga semua toko bisa buka.

“Ekonomi kembali normal sehingga kita bisa masuk ke tahap selanjutnya rehabilitasi dan rekonstruksi,” ungkap Jokowi. (mtd/min)

 

 

 

===================

 

 

 

Komentar Anda