Seorang warga sedang menjalani tes Swab di RS USU. (Ariandi)

medanToday.com, MEDAN – Rumah Sakit Umum USU menggelar tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis kepada masyarakat hingga akhir tahun. Tes dilakukan terhadap 50 orang pedaftar pertama setiap harinya.

“Kegiatan ini sudah kita mulai sejak awal-awal Covid-19, yakni April. Biayanya gratis, syaratnya cukup mengisi google form. Itupun untuk yang bergejala atau kontak erat dengan pasien positif,” kata koordinator lapangan uji tes Swab RS USU, Mufti Husni pada Senin (23/11).

Mufti menjelaskan tes Swab digelar di depan ruang UGD RS USU setiap Senin sampai Jumat, dan di mulai sekitar pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Warga yang datang hanya dianjurkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Medan.

Semua warga Medan bisa mendaftar melalui link https//forms.gle/XozVH8fvXPSWZNxe8 atau ke nomor WhatsApp 081263638099 pada hari yang telah ditentukan mulai dari jam 08.00 sampai 10.00 WIB. Prosedur administrasi yang harus dipenuhi cuma melakukan konfirmasi ulang dengan menunjukkan pesan WhatsApp berisi jadwal tes dan akan memeriksa keluhan dari peserta.

“Jadwal testnya akan dikirimkan melalui pesan singkat ke nomor warga yang mendaftar,” ujar Mufti.

Masih dikatakan Mufti, jumlah peserta tes Swab bulan ini hanya untuk 50 orang. Kalau sebelumnya bisa mencapai 100 orang perhari. Tes ini akan terus berlangsung hingga persediaan alat Swab habis. “Kita memprediksi test akan terus berlangsung hingga akhir tahun ini,” pungkasnya. (mtd/cis)

Komentar Anda