Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Medan bekerjasama dengan Kecamatan Medan Marelan saat melakukan Aksi bersih sungai deli di Jalan Datuk Rubiah, Kecamatan Medan Marelan (5/06/21). Foto: Albert Ivan Damanik for medanToday.com

medanToday.com,MEDAN – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Medan bekerjasama dengan Kecamatan Medan Marelan melakukan Aksi bersih sungai deli di Jalan Datuk Rubiah, Kecamatan Medan Marelan (5/06/21)

Kegiatan dalam rangka memperingkati hari lingkungan hidup Sedunia ini diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari beragam komunitas lingkungan, Mahasiswa pecinta alam, aktivis lingkungan, dan masyarakat setempat.

Kegiatan ini di mulai dari pagi hari dengan melakukan aksi bersih sungai deli, penanaman bibit pohon dan talkshow.

Pembicara dalam Talkshow Ini bersama Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan S. Armansyah Lubis, S.H, FAJI Medan M. Azhim Bakhri S.T dan Armawati Chaniago selaku penggiat sampah.

“Saya sangat bahagia dengan FAJI Medan melakukan aksi Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kecamatan Medan Marelan karena Medan Marelan merupakan benteng sampah sebelum bermuara ke selat Malaka” Imbuh M. Yunus S. STP selaku camat Medan Marelan.

Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Medan bekerjasama dengan Kecamatan Medan Marelan saat melakukan Aksi bersih sungai deli di Jalan Datuk Rubiah, Kecamatan Medan Marelan (5/06/21). Foto: Albert Ivan Damanik for medanToday.com

Selain itu, sesuai instruksi Walikota Medan Bobby Nasution, masalah sampah sudah dikelola oleh pihak kecamatan. Oleh karena itu saya menggandeng kegiatan ini menjadi semangat baru di dalam pengetahuan pengelolaan sampah dalam pelaksanaan ini, tambahnya.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di peringati setiap 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam.

M. Azhim Bakhri selaku ketua FAJI Medan menambahkan pentingnya Hari Lingkungan Hidup Sedunia di peringati sebagai dasar peringatan akan pentingnya planet bumi mulai dari unsur tanah, udara hingga air.

“Sungai deli merupakan urat nadi kota Medan di dalam sirkulasi air yang mengalir dari Hulu ke hilir, dan ini adalah tempat bermain Faji medan di dalam membina atlit. Sudah selayaknya sungai deli ini kita buat untuk menjadi tempat pariwisata kedepannya”. Tambahnya saat melakukan Talkshow di depan audience.

Tak hanya itu, Armawati Chaniago selaku aktivis lingkungan yang konsentrasi tentang sampah menambahkan untuk dapat mengelola sampah pilah dari rumah agar sampah tersebut bisa di kelola skala rumah tangga agar tidak di buang sembarangan apalagi di buang ke sungai.

Aktivis lingkungan sampah ini berharap kedepannya kota Medan menjadi kota yang ramah akan sampah untuk di kelola kembali, tambahnya.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan, S. Armansyah Lubis, S.H sangat berterima kasih sekali kepada anak-anak muda yang mau ikut berkontribusi di dalam mengadakan kegiatan HLHS ini, semangat Kawan-Kawan Faji Medan kami hargai, berharapnya kegiatan ini tidak hanya di sini dan akan terus berkembang biak.

=====================

Komentar Anda