Seorang warga saat mengikuti Swab Test di Pendopo USU, Medan,Selasa (18/8). Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com,MEDAN – Kementerian Kesehatan melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas 1 Medan, menggelar tes swab gratis, di Pendopo Universitas Sumatera Utara (USU) dan Mesjid Dakwah USU selama dua hari,selasa dan Rabu (18-19 Agustus 2020).

Swab test gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat di sekitaran USU. Hari Terakhir Tes Swab Gratis di BTKLPP 1 Medan, antusias warga terlihat tinggi untuk melakukan swab test tersebut.

Berdasarkan pantauan wartawan di hari terakhir pendopo USU, tampak antusiasme warga cukup besar. Sekitar 190 warga telah mendaftar di pendopo USU, dan di mesjid Dakwah USU ada sekitar 80 orang yang mendaftar.

Petugas Kesehatan saat bertugas dalam pelaksanaan Swab Test di Pendopo USU, Medan,Selasa (18/8). Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

Tenaga kesehatan yang dikerahkan dalam kegiatan ini sekitar 30 orang berpakaian lengkap Alat Pelindung Diri (APD) dari masker hingga pelindung tubuh.

Mereka pun berharap warga dapat terbantu dengan swab tes gratis ini, sehingga bisa semakin menjaga diri atas penyebaran Covid-19 yang sedang terjadi.

Ester Sitompul, seorang dokter gigi di Puskesmas Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan, sekaligus anggota tim gugus Covid-19 Puskesmas yang turut hadir, mengatakan swab gratis ini membantu tenaga kesehatan untuk mengetahui kepastian status kesehatannya.

“Sangat membantulah, apalagi kami ujung tombak pelayanan masyarakat. Semoga nakes (tenaga kesehatan,red) yang lain juga memanfaatkan moment seperti ini. Karena kan kalau bayar mahal,” ucapnya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BTKLPP bersama dengan Fakultas Kedokteran USU serta Kementerian Kesehatan.

Swab gratis ini bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19 di kota Medan. Adapun kawasan USU menjadi salah satu kluster yang terpapar positif Covid-19.

Koordinator kegiatan, Ivo Limbong, mengatakan jadwal kegiatan dilakukan dari 10.00 Wib sampai 15.00 Wib.

Nantinya, masyarakat yang sudah melakukan tes swab bisa mengambil hasil tersebut di kantor BTKLPP kelas I Medan, Jl. K.H Wahid Hasyim No. 15 Medan.

Dia juga menghimbau bagi masyarakat kota Medan dalam melakukan aktivitas sehari-hari wajib memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

==============================

Komentar Anda