medanToday.com,ACEH – Merespon cepat bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12), Alfamart turut menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan bantuan 200 family kit untuk korban gempa. Perusahaan juga menyalurkan bantuan yang dihimpun dari donasi konsumen Alfamart Alfamidi berupa 100 paket bantuan pangan, 500 paket kebersihan, serta 250 paket perlengkapan sekolah berupa alat tulis, tas, dan seragam sekolah untuk siswa sekolah dasar dan menengah pertama.

Bantuan yang dikirim melalui jalur darat dan menempuh waktu 10 jam perjalanan tersebut, diserahkan secara simbolis bersama Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, di posko Pidie, Masjid Istiqomah, Jumat (9/12).

“Ini merupakan wujud kepedulian kami kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya bagi saudara-saudara kami di Serambi Mekkah yang tengah berduka pasca dilanda bencana. Semoga bantuan yang disalurkan, bisa sedikit meringankan beban yang ada,” ujar Solihin, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Selain berbagai paket bantuan, mobil ambulans dari hasil donasi konsumen Alfamart Alfamidi yang telah beroperasi di PMI Binjai sejak pertengahan 2016, turut diperbantukan ke wilayah Pidie Jaya selama masa tanggap darurat.

“Kami berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat terkait lokasi penyaluran bantuan. Tujuannya agar alokasi bantuan lebih merata serta benar-benar sampai ke tangan yang tepat. Karena selain menggunakan dana perusahaan, kami juga melibatkan partisipasi donasi konsumen yang dihimpun di toko Alfamart Alfamidi untuk membantu sesama,” tuturnya.

Solihin menjelaskan, perusahaan mengajak konsumennya berpartisipasi dalam beragam aksi kemanusiaan, salah satunya disalurkan dalam bentuk paket bantuan pangan melalui program Satu Hati Berbagi untuk Indonesia, penyediaan hygiene kit dan mobil ambulans melalui program Alfamart Care, serta paket perlengkapan sekolah melalui program Aku Siap Sekolah.

“Dana terhimpun dikelola oleh yayasan kredibel untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya untuk wilayah yang terdampak bencana. Terkait izin dan pengawasan, seluruhnya langsung di bawah Kementerian Sosial,” terang Solihin.

Mensos RI Khofifah Indra PARAWANSA berharap, bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat yang terima bencana, khususnya anak-anak di lokasi pengungsian.“Terimakasih untuk penggalangan dana yang dilakukan Alfamart. Semoga paket Sembako dan tas sekolah ini bermanfaat,” katanya sambil membagikan paket tas dan seragam sekolah kepada 100-an anak yang ada di lokasi ini.

Branch Manager Alfamart Medan, Daru Harjantomenjelaskan, selain sebagai wujud kepedulian perusahaan di bidang sosial, bantuan ini juga merupakan bentuk sinergi perusahaan swasta, yayasan sosial, dan pemerintah dalam membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan.

“Kami menyadari, sudah banyak kerugian yang dialami para pengungsi di sini. Untuk meringankan beban tersebut, kami bekerjasama dengan Kemsos RI dan yayasan terkait untuk mengajak para konsumen untuk berpartisipasi dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya di Kabupaten Pidie, Aceh,” tuturnya. (mtd/ris)

===========

Komentar Anda