DPT Pemilu. Merdeka.com

medanToday.com, JAWATENGAH – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng menemukan 44.066 pemilih ganda di 35 Kabupaten/Kota. Temuan itu berdasarkan hasil proses penyisiran data pemilih tetap (DPT) dalam Pileg 2019.

“Banyumas temuan pemilih paling banyak total 6.777 jiwa, kedua Purworejo 4.402 pemilih ganda, untuk Kudus dan Kabupaten Magelang masing-masing 3.000 jiwa,” kata Rofiudin saat diwawancarai wartawan di Semarang, Rabu (12/9).

Rofiudin menjelaskan dengan adanya temuan paling terbanyak disebabkan adanya nama yang sama di TPS yang berbeda. Selain itu ada pula temuan mengenai pemilih yang meninggal dunia berpindah domisili.

“Itu sudah berdasarkan cek lokasi penyisiran 36 Kabupaten/kota di 573 kecamatan dan 8.559 desa. Total tempat pemungutan suara terdapat sebanyak 115.186 titik,” ujarnya.

Sedangkan untuk temuan paling sedikit berada di Kabupaten Pekalongan yaitu 52 pemilih ganda. Untuk mengatasi masalah DPT ganda meminta KPU untuk memperbaiki database pemilih untuk Pileg 2019 nanti dipastikan valid.

“Harus diperbaiki database pemilih ganda sebab kalau tidak mempengaruhi pagu anggaran yang membengkak, bahkan bisa merusak demokrasi dan potensi menimbulkan penggelembungan suara,” kata Rofiudin. (mtd/min)

 

 

 

===================

Komentar Anda