medanToday.com,MEDAN – Setrilisasi sejumlah gereja di Kota Medan dilakukan Tim penjinak bahan pekedak (Jihandak) Batalyon Zipur I/Dhira Darma Kodam I/BB, Jumat, 23 Desember 2016. Sterilisasi dilakukan dengan melakukan penyisiran menggunakan alat pendeteksi bahan peledak pada bagian luar dan bagian dalam gereja.

Komandan Yonzipur I/DD Mayor Czi Rielman Yudha mengungkapkan, sterilisasi yang mereka lakukan merupakan tindak lanjut dari instruksi Panglima Kodam I/BB dengan tujuan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat di Kota Medan yang melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

“Bapak Panglima menginstruksikan agar kami ikut serta melakukan upaya-upaya untuk memberikan kenyamanan ditengah masyarakat. khususnya saat momen Natal dan Tahun Baru,” ujar Mayor Czi Rielman Yudha Jumat (23/12/2016) usai melakukan sterilisasi di HKBP Daem yang berada Jalan Pembangunan Gg Dame, Medan Helvetia.

Dijelaskannya, sterilisasi dilakukan prajurit Yon Zipur I/DD karena, di Jajaran Kodam I/BB Batalyon ini memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah yang menyangkut dengan bahan peledak.

Hal tersebut yang menjadi alasan mereka diperintahkan dalam melakukan sterilisasi tempat-tempat ibadah yang akan digunakan untuk beribadah bagi umat Kristiani.

Rielman berharap, pihak gereja juga melakukan beberapa langkah pro aktif dalam menjaga keamanan internal.

“Idealnya, setelah diperiksa begini, pihak gereja membatasi dan memeriksa siapa saja yang keluar masuk,” tandasnya. (mtd/bwo)

=================

Komentar Anda