Jokowi Sebut Asian Games Jadi Momen Perdamaian Korsel-Korut

medanToday.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyambut baik bergabungnya kontingen olahraga Korea Selatan dan Korea Utara pada Asian Games 2018. Menurutnya, sebagai tuan rumah, Indonesia konsisten mendukung perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

“Asian Games merupakan satu momen penting yang terus memperkokoh perdamaian dan persahabatan antara Korea Selatan dan Korea Utara,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (19/8).

Di sela-sela pembukaan Asian Games, Jokowi sempat menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-Yon dan Wakil Perdana Menteri Korea Utara Ri Ryong Nam di Cofftea House, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat 18 Agustus 2018.

Dari foto yang diperoleh dari Biro Pers dan Media Sekretariat Presiden, Jokowi memberikan boneka maskot Asian Games kepada Lee Nak-Yon dan Ri Ryong Nam.

Kemudian, Jokowi menyampaikan harapannya agar pertemuan ini dapat ditindaklanjuti sehingga stabilitas dan perdamaian Semenanjung Korea dapat segera tercipta.

Di akhir pertemuan, tak lupa Presiden Jokowi menitipkan salam untuk Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Dalam Asian Games kali ini, terdapat 58 atlet gabungan dari kedua Korea berpartisipasi pada cabang olah raga bola basket putri, kano dan dayung.

Sementara itu, baik Korea Selatan maupun Korea Utara juga mengirimkan kontingen yang jumlahnya cukup besar.

Dalam pembukaan Asian Games kemarin, menjadi momen bersejarah bagi bangsa Korea. Sebab, kontingen Korea Selatan dan Korea Utara berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu.

Seisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang menjadi tempat upacara pembukaan, sontak bergemuruh dengan tepukan ketika kontingen Korea memasuki stadion. Atlet basket putri Korea Selatan Lim Yung-hui dan atlet sepak bola Korea Utara Ju Kyong-Chol secara bersama-sama memegang bendera Korea Bersatu.

Ini adalah kedua kalinya dua negara Korea tampil bersama dalam satu bendera di ajang olahraga internasional. Di upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pada 9 Februari 2018 lalu kedua negara juga tampil di bawah satu bendera.

Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terhadap penyelenggaran Asian Games 2018 di Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima Wakil Perdana Menteri RRT Sun Chunlan di Cofftea House, Kompleks GBK, Jakarta, 18 Agustus 2018. Dalam Asian Games ini, Tiongkok merupakan negara yang mengirimkan atlet dan official terbanyak. “RRT telah mengirimkan jumlah kontingen terbesar,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakin keikutsertaan kontingen Tiongkok akan mensukseskan Asian Games. “Saya yakin keikutsertaan kontingen RRT akan semakin menyukseskan Asian Games kali ini,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas undangan Presiden Xi Jinping untuk berkunjung pada bulan November mendatang bersamaan dengan China International Import Expo di Shanghai. Selain itu, Jokowi juga menitipkan salam kepada Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang.

“Saya akan catat dengan baik namun perlu saya sampaikan bahwa pada bulan November sudah memasuki masa kampanye pemilu Presiden,” ucapnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (mtd/min)

 

===================================

Komentar Anda