Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait vaksinasi di Sumut. (Handout)

medanToday.com, MEDAN – Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan proses vaksinasi Covid-19 di Sumut dimulai pada Kamis (14/1). Dan ada sepuluh tokoh yang akan menerima vaksin pertama ini.

“Besok direncanakan ada sepuluh orang. Di antaranya Gubernur, Pangdam, Kapolda, Ketua DPRD, Pangkosek Hanudnas III, Danlantamal, Ketua IDI, Ketua MUI,” kata dr Alwi saat dijumpai di Kantor DPRD Sumut, seperti dilansir dari Antara, Rabu (13/1).

Alwi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi akan digelar di rumah dinas gubernur Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan sekitar pukul 10.00 WIB. Sebelum divaksin, sepuluh tokoh ini akan diperiksa guna memastikan mereka memenuhi syarat untuk divaksin.

“Tapi ini dengan catatan yang memenuhi syarat. Misalnya seperti Ketua DPRD kita tidak memenuhi syarat karena dia di atas 60 tahun, yang datang nanti Wakil Ketua DPRD Rahmat Sibarani,” katanya.

Alwi menyebutkan pihaknya telah melakukan beberapa persiapan terkait pelaksanaan vaksinasi tersebut. Termasuk penanganan jika terjadi KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi.

“Persiapan sudah siap, seperti menyiapkan tempatnya, peralatan, SDM, kemungkinan kalau terjadi hal-hal KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi,” jelasnya. (mtd/min)

Komentar Anda