Proses Mengumpulkan bahan pangan untuk pembuatan makanan siap santap oleh relawan di gerai PJK wilayah DKI Jakarta pada hari Minggu, 15 Agustus 2021.Ist

medanToday.com,JAKARTA -Pandemi Covid-19 masih terus membayangi masyarakat Indonesia. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan mempengaruhi ketersediaan, stabilitas dan juga akses pangan bagi masyarakat terdampak. Dalam rangka membantu ketahanan pangan masyarakat Indonesia dalam melawan Covid-19, Sun Life Indonesia mendonasikan bantuan senilai lebih dari Rp. 400.000.000 (Empat Ratus Juta Rupiah) yang akan disalurkan dalam bentuk paket makanan siap santap kepada para pekerja informal, anak-anak dan lansia di bulan Agustus ini.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life menyatakan, “Masa pandemi menjadi masa yang sulit yang dihadapi oleh seluruh dunia. Salah satu hal yang patut mendapat perhatian lebih adalah terkait ketahanan pangan. Ini merupakan faktor esensial untuk menjamin kelangsungan hidup dan kemampuan bertahan dalam menghadapi pandemi. Melalui donasi ini, kami berkomitmen untuk dapat memenuhi gizi dan nutrisi masyarakat Indonesia, sehingga kesehatan dan imunitas tubuh tetap terjaga, terutama untuk kalangan pekerja informal, anak-anak dan lansia.”

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Pusat Penelitian Ekonomi LIPI (P2E LIPI), pada akhir tahun 2020 lalu, disebutkan bahwa sebagian besar (64%) rumah tangga di Indonesia berada pada kategori tahan pangan (food secure). Akan tetapi, pada kelompok rentan yang bekerja di sektor informal dan berpendapatan tidak tetap, serta kelompok rumah tangga miskin menghadapi kondisi kerawanan pangan. Sebanyak 23,84% dalam kondisi rawan pangan tanpa kelaparan (food insecure without hunger), sebanyak 10,14% dalam kondisi rawan pangan dengan kelaparan moderat, dan 1,95% dalam kondisi ketahanan pangan dengan kelaparan akut.

Pendistribusian makanan siap santap kepada penerima manfaat masyarakat rentan yaitu lansia secara door to door atau langsung di wilayah Pisangan Baru, Jakarta Timur pada hari Minggu, 15 Agustus 2021.Ist

Dalam menyalurkan bantuan, Sun Life Indonesia berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) sebagai mitra non-profit yang akan membagikan paket makanan siap santap. Program donasi ini merupakan inisiatif yang dilakukan melalui Dapur Pangan dan Mobil Pangan Food Bank of Indonesia. Dapur Pangan akan mendistribusikan makanan jadi kepada sebanyak 16.000 penerima manfaat yang terdampak Covid-19 yang tersebar di beberapa wilayah, meliputi 9 kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Padang, Palembang, DKI Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Lombok dan Bali.

“Kami percaya, FOI yang juga didukung oleh para relawan di berbagai wilayah dapat menjangkau masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Sinergi yang kami lakukan dengan Food Bank of Indonesia, diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga yang kesulitan secara finansial. Program ini juga lahir sebagai dorongan atas upaya pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia tetap menjalani hidup yang sehat dan aktif,” lanjut Elin.

“Kami menyambut baik inisiatif Sun Life Indonesia dalam memberikan donasi untuk ketahanan pangan ini yang juga sekaligus memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan makanan bagi kelompok masyarakat rentan. FOI telah berpengalaman dalam memfasilitasi penyaluran donasi berupa paket makanan siap santap yang bergizi kepada kelompok masyarakat tersebut. Dengan sejalannya komitmen di antara FOI dan Sun Life Indonesia, kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban yang dihadapi dan dapat meningkatkan semangat mereka untuk dapat terus berjuang melalui situasi sulit ini,” tambah Hendro Utomo, Founder Foodbank of Indonesia.

=================

Komentar Anda