medanToday.com,MEDAN – Demi turut berkontribusi dalam mengembangkan sektor pendidikan Indonesia, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk meresmikan program Alfamart Class di SMKN 1 Medan, Selasa (29/8).

Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang digagas Alfamart sejak tahun 2011 ini adalah sekolah ketiga di Sumatera Utara, setelah sebelumnya di SMK Tritech dan SMK Teladan Siantar. Sementara di tingkat nasional, program ini adalah Alfamart Class ke 184 yang tersebar di 67 wilayah kabupaten dan kota.

Branch Manager Alfamart Medan, Daru Harjanto mengungkapkan, program ini diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang memiliki daya saing tinggi, terampil, dan siap bekerja di lingkungan perusahaan. Khususnya di industri ritel, dengan berbagai kompetensi yang telah dimiliki.

“Melalui program tersebut, Alfamart bekerja sama dengan SMK yang memiliki jurusan bisnis atau manajemen pemasaran. Perusahaan lalu melakukan sinkronisasi kurikulum pendidikan ritel, memberikan pelatihan kepada tenaga pengajar dan siswa. Selain itu, perusahaan juga menghibahkan Laboratorium Ritel sebagai media praktik belajar siswa di sekolah,” terang Daru.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk meresmikan program Alfamart Class di SMKN 1 Medan, Selasa (29/8). Branch Manager Alfamart Medan, Daru Harjanto mengungkapkan, program ini diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang memiliki daya saing tinggi, terampil, dan siap bekerja di lingkungan perusahaan. Khususnya di industri ritel, dengan berbagai kompetensi yang telah dimiliki. MTD/Ist

Ia menambahkan, dengan adanya Alfamart Class, maka upaya perusahaan dalam menciptakan keselarasan program pendidikan dengan kebutuhan industri ritel dapat terwujud.

Hal ini dapat dilakukan melalui transfer knowledge dan praktik pembelajaran yang komprehensif. Apalagi kebutuhan tenaga kerja di industri ritel terbilang besar. Setiap tahunnya, jelasnya, Alfamart banyak menerima lulusan dari jenjang pendidikan SMA/SMK.

Plt Sekda Provinsi Sumatera Utara, Ibnu S Hutomo, mengapresiasi terwujudnya Alfamart Class di SMKN 1 Medan. Ia berharap para guru dan siswa dapat memanfaatkan program ini sebagai media pembelajaran untuk mengetahui pengelolaan manajemen ritel yang baik. Sehingga bisa diterapkan di perusahaan ataupun nantinya ketika berwirausaha.

“Kita sangat apresiasi. Bahkan kalau bisa semakin diperbanyak jumlah Alfamart Class di Sumatera Utara. Karena efeknya saya yakin sangat bermanfaat bagi lulusan SMK nantinya,” jelas Ibnu usai meninjau langsung laboratorium ritel di Business Center Alfamart Class SMKN 1 Medan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN I Medan, Asli Sembiring, menerangkan pihaknya sangat bersyukur dengan adanya program tersebut.

“Alhamdulillah, pada sekolah ini telah terseleksi sebagian siswa pilihan hasil seleksi yang masuk ke dalam kelas Alfamart. Semoga ilmunya bisa diterapkan setelah mereka lulus nanti,” harapnya.(mtd/adv/est)

========================

Komentar Anda