Ini 10 Tip Belajar Online di Masa PPKM

ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com,Medan – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir dengan tajuk “Saatnya Peserta Didik dan Guru Terampil Belajar Daring (Online)”.

Selaku pembicara Arif Miftahul Aziz, PELP Ahli Muda – Kementerian Kelautan dan Perikanan memaparkan 10 tip belajar online yaitu pola pikir positif & motivasi kuat, cari tempat yang nyaman, siapkan perangkat belajar online, manfaatkan sumber buku online, buat catatan materi yang penting, manajemen waktu belajar yang baik, berperilaku baik saat online, jangan malu bertanya jika ada kesulitan, kelola stres dan jaga kesehatan, berani bicara hindari bullying.

Titik Nurpita Dewi, Praktisi Pendidikan menjelaskan tip supaya siswa dapat belajar online dengan sehat dan aman yaitu memproteksi perangkat digital kemudian pengamanan identitas digital, mempunyai aplikasi belajar online, aktifkan parental control dan mesin pencari khusus anak serta tanggung jawab terhadap kelas online.

Fajar Efendi Daulay, Ketua Harian JSDI Sumut dan KAJUR BDP di SMK Negeri 7 Medan menuturkan perkembangan era digital mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk dalam dunia pendidikan, kebiasaan berkomunikasi di media sosial tidak bisa disamakan dengan kebiasaan berkomunikasi dalam pembelajaran, maka dari itu diperlukan adab dalam berkomunikasi.

Matias, Wakil Kepala SMK Negeri 7 Medan, mengatakan salah satu satu tantangan dunia digital adalah komunikasi, dalam berinteraksi kita harus memperhatikan etika, etika di dunia nyata sama dengan etika di dunia maya, seperti sopan santun, menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Jika ada materi yang kurang jelas disampaikan oleh guru maka sudah seharusnya untuk siswa bertanya apa hal yang tidak dimengerti, tentu dengan Bahasa yang sopan, sehingga dapat mengerjakan tugas sesuai dengan yang diberikan. “Siswa memiliki hak untuk bertanya dan guru memiliki kewajiban untuk menjelaskan,” katanya.