medanToday.com – Aplikasi turunan Facebook, Messenger merangkum tabiat 1,3 miliar penggunanya selama tahun 2017 dalam Year in Review. Data tersebut diambil dari bulan Januari hingga November 2017 yang menyoroti beberapa hal.

Dalam laporan yang rilis pada 13 Desember, Messenger mengklaim 7 miliar percakapan terjadi setiap harinya di Messenger. Di waktu yang sama, rata-rata terdapat 260 juta rangkaian percakapan baru setiap harinya.

Percakapan menggunakan video (video call) diklaim naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Fitur realitas tambahan (augmented reality) seperti topeng, filter dan fitur tanggapan (reaction) yang dirilis bulan Juni lalu dikatakan membuat percakapan video lebih menyenangkan dan ekspresif.

Messenger mencatat percakapan video yang diposting secara real time sebanyak 17 miliar.
Tak kalah populer, format GIF juga meraih 18 miliar penggunaan serta emoji yang tembus 500 miliar penggunaan dengan rata-rata 1,7 miliar emoji setiap hari.

Dalam rilis Year in Review, Messenger menepis anggapan jika percakapan online membuat manusia semakin terisolasi.

“Ketika beberapa pakar budaya berpendapat bahwa percakapan online membuat kita terisolasi, yang kami temukan justru percakapan online sebenarnya membawa kita semakin dekat”, tulis Messenger sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Newsroom Facebook, Jumat (15/12/2017).

Hari libur menjadi waktu terfavorit pengguna Messenger untuk berkomunikasi dengan kerabatnya. Messenger mencatat pada tahun baru, Hari Ibu, dan Hari Valentine menjadi waktu ‘teramai’ para pengguna Messenger untuk berkomunikasi.

Beberapa fitur diluncurkan Messenger tahun ini, seperti mention dan reaction untuk mendukung percakapan grup. Padahal, percakapan grup baru dirilis Messenger pada Maret 2017. Sejak perilisannya, jumlah grup baru Messenger diklaim mencapai 2,5 juta setiap harinya dengan rata-rata anggota 10 orang.

Reaction di percakapan grup mencapai 11 miliar, naik 2 kali lipat di bulan Juni. Dalam percakapan grup, emoji yang paling banyak digunakan adalah Grinning Squinting Face atau wajah dengan senyum lebar dan mata terpejam. Sedangkan untuk percakapan satu lawan satu, emoji favorit adalah Smiling Face With Heart-Eyes atau wajah tersenyum dengan mata berbentuk hati.

Fitur Messenger yang menawarkan penggunanya untuk mengatur sendiri warna percakapan grup juga cukup diminati. Warna merah adalah warna populer di percakapan grup dan emoji hati bewarna merah menjadi custom-emoji favorit.

(mtd/min) 

Komentar Anda