medanToday.com, JAKARTA – China menghentikan produksi 553 mobil jenis pengangkut pengumpang yang tidak memenuhi standar konsumsi bahan bakar pemerintah.

Kantor berita Xinhua yang mengutip Pusat Layanan Teknologi Kendaraan China mengatakan bahwa penghentian produksi ini akan mulai berlaku tanggal 1 Januari 2018.

Model-model yang dihentikan produksinya itu meliputi produk pabrikan besar dalam negeri dan produk dari perusahaan kerjasama dengan pabrikan asing seperti FAW-Volkswagen, Beijing Benz Automotive, Chery dan Dongfeng Motor Corporation.

“Ketika perang melawan polusi terus dilakukan, China mendorong moda transportasi ramah lingkungan dengan memperketat batas emisi dan produksi kendaraan dengan energi terbarukan,” tulis artikel Xinhua yang dikutip kantor berita Reuters itu.

Pemerintah China minggu lalu memutuskan untuk memperpanjang rabat pajak untuk pembelian kendaraan energi terbarukan hingga 2020.

Keputusan ini menjadi kabar baik bagi produsen mobil hybrid dan mobil listrik sementara terjadi perubahan kebijakan pemerintah dari mesin tradisional.

Polusi merupakan isu hangat di China karena sebagian besar wilayah negara itu secara rutin tertutup asap.

Pemerintah China sendiri bertekad untuk mengatasi masalah itu dan kebijakan baru menghentikan produksi mobil boros BBM ini bisa menjadi bukti nyata dari hal ini.

(mtd/min) 

Komentar Anda