Menkominfo Rudiantara bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memperhatikan teknologi production line dalam Pameran Innofest ID 2018 di Plaza Pameran Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (24/07/2018). - (AYH)

medanToday.com,JAKARTA – Pemerintah menargetkan untuk menjadikan Indonesia sebagai 10 negara dengan ekonomi terbesar pada Tahun 2030 serta menjadi negara industri yang tangguh pada Tahun 2035. Hal itu telah dimulai dengan langkah strategis penerapan Peta Jalan Making Indonesia 4.0, terutama mengenai pembangunan infrastruktur digital nasional dan pembangunan ekosistem inovasi.

Guna mendukung upaya menjadikan Indonesia sebagai negara industri tangguh, Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan penyediaan infrastruktur konektivitas untuk mendukung perkembangan Industri 4.0.

“Pada saat kita memasuki era yang baru industri yang kita sebut dengan Industri 4.0, konektivitas itu menjadi bagian yang tak terpisahkan,” kata Menteri Kominfo Rudiantara dalam acara Innofest: “Building Innovation Ecosystem for Making Indonesia 4.0” di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (24/07/2018).

Menteri Rudiantara memastikan lembaga yang dipimpinnya akan mendukung kebijakan sektor Industri 4.0.

“Peran pemerintah saat ini tidak hanya membuat regulasi, peran pemerintah sudah shift dari sekadar membuat regulasi masuk ke fasilitator dan menjadi akselerator.

Jaminan Menteri Kominfo ditunjukkan dengan komitmen perubahan paradigma dari. “Itulah yang dilakukan oleh Kominfo dan saya yakin di Kementerian Perindustrian bukan hanya mengatur, membuat regulasi, membuat kebijakan tapi bagaimana memfaslitasi melakukan akselerasi untuk industri,” tambahnya.

Menteri Rudiantara menyebut kemampuan untuk meningkatkan kapasitas produksi yang bisa menurunkan biaya per produk sebagai satu hal yang perlu disiapkan dalam memasuki era Industri 4.0.

“Sebetulnya Indonesia tidak ketinggalan dalam konteks proses yang sudah ada dalam memasuki Industri 4.0. Yang kita belum ada adalah economies of scale,” katanya.(mtd/ril/min)

====================

Komentar Anda