medanToday.com,JAKARTA – Pemerintah pusat akan kembali melakukan relokasi terhadap 1.655 kepala keluarga (KK) pengungsi Gunung Sinabung yang masih berada di penampungan ke lokasi baru.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani usai mengikuti rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Baca: Ramadhan Pohan Siap Disumpah Pocong, Buktikan Dirinya Tak Bersalah

Puan Maharani mengatakan, persoalan yang terjadi di Gunung Sinabung saat ini adalah bagaimana merelokasi pengungsi pada tahap kedua dan ketiga.

“Untuk tahap satu pada tahun 2010 itu ada 370 KK sudah kita selesaikan, dan sudah mendapatkan relokasi dan sudah mendapatkan hunian juga. Kemudian sisanya di tahap dua sudah 80 persen yang kemudian proses selanjutnya sudah kita lakukan,” kata Puan seperti yang dikutip dari Detik.com

BACA JUGA:

Gelapkan iPhone 7+ Warga Palestina, Adi Ginting Sopir GRAB Masuk Bui

Untuk tahap ketiga, relokasi akan dilakukan terhadap sisa dari semua pengungsi sebanyak 1.655 KK. “Itu kemudian akan pemerintah relokasi ke daerah Siosar, di mana luas daerahnya itu kurang-lebih 480 hektare,” katanya.

Relokasi terhadap sisa pengungsi Gunung Sinabung yang masih berada di beberapa penampungan pun rencananya akan dilakukan secepatnya.

Dalam rapat terbatas tersebut, turut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala BNPB Willem Rampangilei, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Wakapolri Komjen Syafruddin.(mtd/bwo)

===============

Komentar Anda