Pre Event Dokan Arts Festival #3, RKI Gelar Pertunjukan Besok Malam di Berastagi

0
23

medanToday.com,MEDAN – Untuk menyambut event Dokan Arts Festival (DAF)#3, Rumah Karya Indonesia (RKI) menggelar seni pertunjukan Pra Event Dokan Arts Festival #3 di Pelataran Berastagi Food Court pada Minggu, 2 April 2017,jam 8 malam.

Kegiatan yang digelar di Kota dingin Berastagi tersebut digelar untuk mempromosikan Dokan Arts Festival #3 sekaligus menggalang dana untuk mendukung kegiatan tersebut.

Pre event ini menghadirkan pekarya-pekarya seni Sumatera Utara yang diantaranya adalah : Agus Susilo (At Minus Underscore : Harus Jadi Presiden), Simalem Art (Instrumental musik tradisi), Efri Ejayani (Penyanyi Pop Lokal), Audio Corner (Top 40), dan BFC Home Band.

Untuk kegiatan DAF #3 yang dilaksanakan di desa budaya Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo tersebut akan dilaksanakan pada 11-13 Mei 2017 mendatang. Festival yang diselenggarakan oleh RKI ini bertajuk pada Kebudayaan dan Tradisi, dan telah dilaksanakan pada tahun 2015 dan 2016 dengan progress penonton yang meningkat.

Pada tahun 2015, pengunjung yang datang berkisar 2500 dan meningkat ke angka 3000 pengunjung di tahun 2016. Pada kegiatan ini, Rumah Karya Indonesia yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo serta masyarakat Desa Dokan mencoba mengekspos Desa Dokan sebagai Desa Budaya yang menyimpan peradaban Karo dan kearifan lokal.

Tidak hanya itu, daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Desa Dokan adalah adanya keberadaan Rumah Adat Siwaluh Jabu, yang usianya berkisar ratusan tahun yang menyiratkan kekayaan adat masyarakat setempat.

Misteri Garam atau Sira (Red : Bahasa Karo) yang sangat banyak dan tidak pernah habis di salah satu rumah adat disana menjadi cerita budaya yang sangat menarik dan mengundang kehadiran turis lokal maupun turis asing.

Oleh karena itu, pada penyelenggaraan Dokan ketiga ini akan dilakukan ritual penusur sira, yakni ritual yang akan menguak masa depan desa tersebut. (mtd/adv)

=============
Lihat Video DAF 2

#NewsVideo Dokan Arts Festival 2

 

Komentar Anda