medanToday.com, MEDAN – Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara kembali meletus dengan mengeluarkan debu vulkanik mencapai 3.000 meter.

“Dari pengamatan, sejak pukul 08.18 WIB tadi, Gunung Sinabung kembali meluncurkan debu dengan amplitudo 50 milimeter,” kata Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung, Armen Putra, Selasa (23/1/2/18).

Katanya, ketika peristiwa erupsi berlangsung, terjadi gempa kecil di areal gunung berapi tersebut. Dari data yang tercatat, kekuatan gempa 689 detik.

“Kondisi angin bertiup ke arah Timur-Tenggara. Adapun wilayah yang terdampak yakni Kecamatan Simpang Empat, Tanah Karo,” ungkap Armen.

Ia mengatakan, sejauh ini luncuran debu belum begitu mengganggu pemandangan. Katanya, debu menyebar di udara dan terbawa angin.

 

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan, dari catatan pihaknya, pada 2018 kurang lebih ada tujuh kali terjadinya erupsi.

Pada 1 Januari kemarin, abu vulkanik tertinggi karena erupsi terjadi sekitar 2,8 kilometer.

Sementara pada Selasa, 2 Januari 2018, tercatat tiga kali terjadi erupsi. Di antaranya pukul 06.27 WIB, terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu 2.000 meter dengan amp 110 mm dan lama gempa 261 detik.(mtd/min)

=====================

Komentar Anda