120 tamu mancanegara mengunjungi Danau Toba, Sabtu (16/22/2017).(mtd/bwo)

medanToday.com, SAMOSIR – Sebanyak 120 tamu mancanegara mengunjungi Danau Toba, Sabtu (16/22/2017). Bukan tamu biasa, mereka adalah duta besar dan diplomat dari Asia Tenggara dan Afrika.

Direktur Utama Badan Otorita Parisiwata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo mengatakan, 120 orang tamu mancanegara itu akan stay beberapa hari di kawasan Danau Toba.

“Mereka tergabung dalam Forum FORSEAA atau Forum Diplomatik dari Asia Tenggara dan Asia,” ujar Arie Prasetyo, Sabtu (16/12).

Mereka akan mengikuti rangkaian acara yang masih berhubungan dengan promosi Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Prioritas bertaraf internasional.

Arie menjelaskan, rombongan Duta Besar dan Diplomat negara asing di Indonesia itu tiba di Bandara Internasional Silangit dari Jakarta dengan penerbangan charter menggunakan pesawar Batik Air A320.

“Selama di sini, mereka akan mengikuti kegiatan Lake Toba Forum, Gala Dinner, Fashion Show dan kegiatan trip wisata,” papar Arie.

Lake Toba Forum sendiri akan digelar hari ini, Sabtu (16/12) di Hotel Inna Paraoat, kemudian dilanjutkan dengan galla dinner dan fashion show busana Nusantara Etnis Batak yang dihelat di Hotel Niagara Paralat. “Esok harinya, Minggu (17/12), mereka akan mengikuti boat trip ke Pulau Samosir,” terangnya.

“Kedatangan mereka kemari juga dalam rangka untuk mengajak mereka berinvestasi di Sumut. Agar mereka ikut serta dalam pengembangan Wisata Danau Toba,” tandasnya.

Seperti diketahui bersama, saat ini Pemerintah Republik Indonesia tengah gencar mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional. Pemerintah pun menargetkan, pada 2019 kunjungan wisatawan asing ke Danau Toba akan mencapai 1 juta orang.

Sejumlah infrastruktur pun dibangun untuk mensukseskan 1 juta kunjungan wisatawan asing ke Danau Toba. Seperti halnya, ruas jalan tol dari Medan menuju Parapat untuk mempersingkat waktu tempuh yanh selama ini memakan banyak waktu.

Kemudian pembangunan Bandara Silangit yang kini berstatus Bandara Inernasional. Dengan adanya bandara ini, wisatawan manca negara lebih cepat menjangkau Danau Toba. Selain itu juga akan dibangun Bandara Sibisa, Hotel, Cottage dan ratusan Homestay untuk menampung para wisatawan.(mtd/bwo) 

========================================================

Komentar Anda